Aliansi Mahasiswa Gugat Semen Gresik

479

kabartuban.com – Masih seputar CSR Semen Gresik. Hari ini Senin (23/4), Puluhan Mahasiswa dari berbagai organisasi pergerakan Mahasiswa di Tuban menyampaikan protes dan kekecewaan mereka terhadap Perusahaan Plat Merah tersebut melalui DPRD Kabupaten Tuban.

Dengan membawa bendera organisasinya masing – masing, aliansi Mahasiswa tersebut menggugat PT. Semen Gresik, Tbk dengan melakukan orasi di depan gedung kantor DPRD Tuban. Seperti biasa barisan polisi berjaga memenuhi pintu masuk “Gedung Rakyat” tersebut.

Dalam Orasinya rombongan putra daerah bumi ronggolawe menyatakan kekecewaannya kepada PT. Semen Gresik yang telah mengeruk Sumber Daya Alam Tuban, namun tidak memperhatikan masyarakat dengan baik. Mengenai Corporate Social Responsibilty (CSR), PT. Semen Gresik juga tidak pernah transparan, ungkap mereka.

Setelah melakukan orasi di depan gedung dewan, Aliansi Mahasiswa kemudian diterima di dalam gedung oleh Ketua DPRD Kristiawan dan beberapa anggota DPRD yang lain. Terjadi dialog yang cukup alot di ruangan tersebut. Perwakilan Mahasiswa menuduh DPRD diam saja melihat realita terkait adanya PTSG yang tidak mampu mensejahterakan warga sekitar.

Menanggapi hal tersebut, Kristiawan selaku Ketua DPRD menjawab penyampaian Mahasiswa dengan bantahan bahwa “DPRD juga peduli”, kata Kris. Bukti adanya kepedulian ini adalah dengan adanya saya di sini menemui adik – adik semua. Padahal bisa saja kalau saya dan rekan – rekan Dewan tidak peduli kemudian menolak kedatangan adik – adik. Mohon itu dipahami, lanjut Kris.

Lebih lanjut, Kris menyampaikan bahwa dirinya mendukung transparansi yang disampaikan oleh aliansi Mahasiswa. Kita selaku DPRD tetap akan menyikapi hal tersebut. “Namun mengenai apa yang adik – adik sampaikan, itu yang bisa menjawab dari pihak Semen Gresik”.

Kristiawan selaku Ketua DPRD berjanji akan menindak lanjuti apa yang disampaikan oleh rekan – rekan Mahasiswa dan sedang menjadi perbincangan di Kabupaten Tuban ini, terkait CSR Semen Gresik.

Demonstrasi dijaga ketat di luar ruangan oleh satuan dari Polres Tuban, guna menghindari hal – hal yang tidak diinginkan. (ts)