Apel Gelar Pasukan, Waspadai Potensi Gangguan Keamanan Natal dan Tahun Baru

259
Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan amanat tertulis dari Kapolri Jend. Tito Karnavian,

kabartuban.com – Menjelang perayaan Natal tahun 2018 dan Tahun Baru 2019, Kepolisian Resort (Polres) Tuban bersama Forkopimda Kabupaten Tuban melaksanakan Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018 di Alun-Alun Kabupaten Tuban, Jum’at (21/12/2018).

Dalam kesempatan tersebut, turut dihadiri Dandim 0811 Tuban, Letkol Inf. Nur Wicahyanto, Forkopimda dan sejumlah lembaga dan instansi terkait.

Sebagai penghormatan, Bupati Tuban H. Fathul Huda menyampaikan amanat tertulis dari Kapolri Jend. Tito Karnavian, yang dalam sambutannya mengatakan, apel gelar pasukan ini merupakan apel terpusat, yang dilaksanakan secara serentak di seluruh jajaran Polri. Apel ini merupakan momentum penting untuk mempersiapkan personel dan pengecekan terhadap sarana prasarana pengamanan.

“Untuk meningkatkan soliditas dan sinergi antara Polri, TNI dan Pemerintah Kabupaten Tuban dalam mengamankan perayaan Natal dan Tahun Baru,” kata Bupati.

Operasi Lilin Semeru 2018 ini, lanjut Bupati, dilaksanakan selama sepuluh hari, terhitung sejak tanggal 23 Desember 2018 sampai tanggal 1 Januari 2019. Peningkatan intensitas kegiatan masyarakat saat perayaan Natal dan Tahun Baru menjadi atensi seluruh Stakeholder, sebab dapat memunculkan potensi kejahatan dan mobilitas mode transportasi yang harus diperhatikan bersama.

“Soliditas dan sinergi yang baik, menjadi kunci utama yang harus senantiasa dipelihara dan ditingkatkan,” lanjutnya.

Sementara itu, Kapolres Tuban AKBP. Nanang Haryono, dalam hal ini mengatakan, pihaknya telah menginventarisir potensi kerawanan yang menjadi perhatian Polres Tuban. Dalam tahapannya, Polres Tuban bekerjasama dengan lembaga/instansi terkait dalam upaya mengamankan dan meminimalisir terjadinya tindak kejahatan pada perayaan natal dan tahun baru mendatang.

“Kita sudah berkoordinasi dengan baik terkait rundown peringatan Natal dan Tahun Baru, dengan Stakeholder dan Tokoh Agama, kita harapkan semua tetap berjalan dengan kondusif” terang Kapolres Tuban.

Diketahui sebelumnya, Polres Tuban telah melakukan Operasi Pengecekan Harga Sembako di Pasar Baru Tuban dan menjalin Koordinasi dengan Tokoh Kristiani serta Katholik di Mapolres Tuban, pada Kamis 20 Desember kemarin. (din/im)

/