Berikut Cara Pengolahan Sayur Pare Tanpa Rasa Pahit

1557
Foto: Olahan Pare yang dapat di konsumsi tanpa rasa pahit

kabartuban.com – Pare adalah salah satu jenis sayuran yang sangat umum ditemukan dan dikonsumsi di Indonesia. Sayuran ini memiliki karakteristik yang sangat menonjol, yakni rasanya yang pahit. Lalu, seperti apa cara memasak pare agar tidak pahit?

Terlebih lagi, tidak semua orang dapat mentoleransi rasa pahit tersebut saat pare diolah ke dalam sebuah masakan dan memilih untuk menghindari konsumsi pare.

Padahal, pare memiliki segudang manfaat bagi kesehatan, lho, Moms.

Sayur hijau berkulit kasar ini adalah sumber vitamin dan mineral yang baik. Selain itu, mengonsumsi pare dipercaya dapat mengurangi gejala penyakit seperti kolesterol, menstabilkan gula darah, hingga meningkatkan produksi ASI pada ibu menyusui.

Lalu, bagaimana cara memasak pare agar tidak pahit dan tetap enak? Yuk, cari tahu lebih lanjut berikut ini.

Walau kerap dijauhi karena rasanya, tetapi ada sejumlah cara memasak pare agar tidak pahit yang bisa dilakukan agar masakan Moms tetap enak dan sedap.

Foto: Sayur Pare

Berikut adalah sepuluh di antaranya:

  1. Pilih Pare yang Tepat

Cara memasak pare agar tidak pahit yang pertama adalah memastikan jenis pare yang kita pilih. Meski seluruh buah pare memiliki rasa yang pahit, namun intensitas rasa pahitnya berbeda-beda tergantung pada beberapa kondisi di bawah ini:

  • Kematangan

Baiknya Moms memilih pare yang masih muda dibandingkan dengan pare yang sudah matang. Alasannya, karena rasa getir atau pahit akan semakin terasa pada pare yang matang atau tua. Salah satu cirinya adalah kulit pare terasa lebih keras.

  • Warna

Masih berhubungan dengan poin sebelumnya, warna pare yang masih muda cenderung lebih gelap alias hijau tua dibandingkan dengan pare yang lebih matang. Warna hijau pada pare akan semakin pudar saat matang.

  • Ukuran

Biasanya orang cenderung memilih satu buah pare berukuran besar daripada menggunakan beberapa buah pare berukuran kecil dengan alasan menghemat waktu serta tenaga.

Padahal, pare berukuran besar biasanya punya rasa yang lebih pahit, lho. Sebagai cara memasak pare agar tidak pahit, pilih pare berukuran kecil atau sedang.

Baca Juga: Rutin Gelar Aksi Sosial, Komunitas Resik Tuban Miliki Banyak Program Kemanusiaan

  1. Bersihkan dengan Cara yang Benar

Setelah memilih pare, membersihkannya dengan benar adalah salah satu cara memasak pare agar tidak pahit yang cukup efektif. Berdasarkan laman Food NDTV, cara memasak pare agar tidak pahit adalah dengan mengikis permukaan pare.

Moms bisa menggunakan peeler maupun pisau biasa untuk membuang kulit luarnya hingga permukaannya halus.

Selanjutnya, belah pare menjadi dua bagian dan buang biji serta bagian tengahnya yang berwarna putih menggunakan sendok.

  1. Potong Tipis-tipis

Memotong pare dengan ukuran kecil dan tipis dapat menjadi salah satu cara memasak pare agar tidak pahit.

Semakin tipis irisan pare, semakin rasa pahitnya akan terminimalisir. Terutama jika Moms memasak pare dengan cara ditumis, di mana sari-sari pare akan keluar dan ikut termasak dengan sempurna.

  1. Rendam Dengan Garam

Garam bisa sangat membantu dalam cara memasak pare agar tidak pahit, karena garam akan mengeluarkan sari-sari pahit di dalam pare. Caranya pun cukup mudah, Moms tinggal menempatkan pare yang sudah diiris tipis ke dalam mangkuk.

Selanjutnya, taburkan garam dan remas-remas hingga layu serta sarinya keluar, kemudian diamkan selama 20-30 menit sebelum mengolahnya menjadi masakan.

Pastikan Moms menggunakan cukup banyak garam agar kandungan air dari pare dapat keluar dengan maksimal.

Atau, Moms bisa juga menggunakan cara kedua. Yakni setelah pare ditaburi garam dan diremas-remas hingga layu, peras potongan pare dan buang air perasan tersebut.

Selanjutnya, siram irisan pare dengan air mendidih lalu bilas hingga bersih. Lakukan langkah ini sebanyak dua hingga tiga kali untuk mengurangi rasa pahitnya.

5. Rebus Bersama Daun Jambu Biji

Cara memasak pare agar tidak pahit berikutnya adalah dengan merebus irisan pare bersama daun jambu biji. Rasa sepat pada daun jambu biji dipercaya akan menetralisir rasa pahit pare.

Moms hanya perlu merebus pare dengan sejumlah daun jambu biji hingga mendidih selama lima menit. Kemudian tiriskan pare dan bilas kembali dengan air bersih sebelum diolah.

6. Rendam dengan Yoghurt

Selama ini kita mengenal yoghurt sebagai produk fermentasi susu yang menyehatkan terutama baik bagi pencernaan. Rasanya yang asam dan segar kerap menjadikannya bahan campuran dalam berbagai makanan utamanya dessert dan minuman.

Namun, ternyata yoghurt punya manfaat yang lebih besar dari itu lho, Moms. Salah satunya bisa menjadi cara memasak pare agar tidak pahit.

Sebuah penelitian yang diterbitkan Biological and Pharmaceutical Bulletin menganalisa kemampuan yoghurt untuk meminimalisir rasa pahit obat topiramate bila dikonsumsi bersamaan.

Topiramate dikenal sebagai obat yang digunakan untuk mengontrol kejang atau epilepsi.

Efek yoghurt dalam menghambat rasa pahit topiramate dievaluasi dengan sensor rasa menggunakan membran responsif kepahitan.

Hasilnya, pengaruh viskositas, asam laktat, dan komponen asam orotik dari yoghurt diperkirakan paling efektif dalam mengurangi rasa pahit.

Sayangnya, hingga kini belum ada penelitian yang menunjukkan jika yoghurt juga efektif mengurangi rasa pahit pada pare.

Meski begitu, banyak orang percaya jika merendam pare dalam yoghurt selama satu jam adalah cara memasak pare agar tidak pahit yang efektif.

7. Rebus Bersama Gula, Garam, dan Cuka

Merebus pare dengan campuran gula, garam, dan cuka mirip dengan cara membuat acar. Metode ini dikatakan ampuh sebagai cara memasak pare agar tidak pahit.

Moms hanya perlu merebus irisan pare dalam secangkir cuka putih yang ditambahkan dua sendok makan gula dan dua sendok makan garam. Selanjutnya rebus hingga mendidih selama dua menit sebelum ditiriskan dan dibilas dengan air bersih.

Setelahnya, Moms bisa memasak pare seperti biasa.

8. Rendam dengan Air Asam

Asam Jawa sudah umum digunakan sebagai bahan dalam berbagai masakan khas Indonesia, baik masakan asin maupun masakan manis. Selain itu, ternyata asam juga berguna untuk mengurangi rasa pahit dari pare.

Dilansir dari First Cry Parenting, Moms hanya perlu merendam pare yang telah dibersihkan dan diiris ke dalam air asam selama 30 menit. Kemudian bilas hingga bersih menggunakan air mengalir sebelum dimasak.

Ini adalah salah satu cara memasak pare agar tidak pahit yang sering digunakan. Namun penting diingat, hal ini akan menjadikan tekstur pare kurang renyah alias lebih layu.

9. Rebus Bersama Tanah Liat

Pernah kah Moms mendengar kata “ampo”? Ampo merupakan camilan khas Jawa yang terbuat dari tanah liat. Bukan sembarang tanah liat, ampo menggunakan tanah liat khusus yang bisa dimakan.

Sayangnya ampo tidak bisa dengan mudah kita cari. Biasanya camilan ini hanya bisa kita temukan di pasar tradisional dan tidak dalam jumlah banyak.

Namun jika Moms kebetulan menemukannya, merebus pare menggunakan ampo bisa menjadi cara memasak pare agar tidak pahit. Cukup rebus pare bersama sedikit ampo selama 3-5 menit. Tiriskan dan cuci hingga bersih.

10. Olah dengan Bumbu Pedas dan Gurih

Ini adalah cara memasak pare agar tidak pahit yang akan sangat efektif, terutama jika Moms adalah penyuka makanan pedas.

Setelah pare diolah dengan sejumlah cara di atas, sisa dari rasa pahitnya dijamin tak akan terlalu ketara jika dimasak dengan bumbu pedas maupun gurih.

Itu tadi adalah sepuluh cara memasak pare agar tidak pahit. Ketahanan lidah terhadap rasa pahit dari pare tentunya berbeda-beda pada setiap orang, sehingga referensi rasanya juga akan menyesuaikan.

Ada yang merasa cukup dengan melakukan salah satu cara di atas, ada juga yang perlu mengolahnya beberapa kali hingga rasa pahitnya dapat ditoleransi.

Selamat Mencoba.

(Nat)

 

 

/