Berkah Musim Kemarau, Hasil Panen Tembakau di Tuban Melimpah

265
foto ; petani tembakau saat Panen tembakau yang dilakukan di Kabupaten Tuban

kabartuban.com – Musim kemarau di Tuban rupanya menjadi berkah tersendiri kepada para petani tembakau karena cuaca yang mendukung untuk ditanami tembakau, khususnya di Desa Sambongrejo, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

Salah satu petani tembakau, Jan (40) yang kedapatan tengah memanen daun tembakau tersebut menyebutkan jika hasil panen kali ini cukup melimpah dengan kualitas daun yang bagus.

Tidak hanya itu, kondisi ini juga didukung dengan harga jual tembakau yang cukup stabil yaitu berada di kisaran harga Rp3.000 per kilogramnya.

“Bersyukur sekali karena panen pada musim kemarau tahun ini cukup bagus,” ucap Jan saat ditemui reporter ini di sawahnya, Rabu (28/9/2022).

Jan melanjutkan, salah satu factor yang menyebabkan berhasilnya panen kali ini dikarenakan intensitas hujan yang tidak terlalu sering dan cuaca yang cukup panas membuat dirinya berhasil panen daun tembakau kali ini.

Baca Juga: Tak Terawat, Begini Kondisi Wisata Kambang Putih Saat Ini

“Faktor utama ya karena kestabilan cuaca yang mempengaruhi proses panen kali ini, di sini kebetulan jarang turun hujan,” tambahnya.

Dalam kesempatan tersebut, Jan berharap agar keberhasilan panennya ini dapat berlangsung pada tahun-tahun selanjutnya. (hin/dil)

/