Bupati Tuban Targetkan 2017 Semua Desa Terapkan Siskeudes

445

kabartuban.com – Sejak dilaksanakannya  program Dana Desa (DD) oleh pemerintah pusat  sampai dengan hari ini masih banyak hal-hal yang perlu dibenahi.  Untuk itu, Bupati Tuban, Fatkhul Huda menargetkan mulai tahun 2017 semua Desa sudah menerapakan aplikasi Sistem Keuangan Desa (Siskeudes).

“Sehingga pelaporan-pelaporan dana desa yang selama ini terlambat dan belum bisa teratasi , dengan adanya aplikasi ini pengelolaan keuangan desa benar-benar dapat menjadi sarana pertanggungjawaban pemerintah desa kepada masyarakat,” ungkapnya dalam sambutannya diacara launcing dan Sosiaisasi Siskeudes, Kamis (1/12/2016).

Masih terang Bupati, adapun Pembenahan tersebut diantaranya  mulai dari regulasi yang dikeluarkan oleh pemerintah pusat maupun pemerintah kabupaten dan melibatkan banyak lembaga.

“Khususnya lembaga-lembaga negara yang terkait dengan pengamanan, pengawasan dan pencegahan terjadinya penyimpangan dalam pelaksanaan dana desa,” paparnya.

Dikatakan oleh Huda, Disamping itu, tentunya sebagai sarana pembelajaran perangkat dalam pengelolaan keuangan desa yang bersih, transparan dan akuntabel. Jadi melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat, Pemerintah Desa dan Keluarga Berencana (Bapemas, Pemdes dan KB) Tuban mulai tahun 2017 akan melaksanakan kegiatan sistem informasi dan pengelolaan keuangan yang transparan dan akuntabel.

“Nantinya aplikasi ini diharapkan bisa diakses semua lapisan masyarakat, praktisi, akademisi, pemerhati pemerintah desa dan lain-lain yang diharapkan juga melalui kegiatan yang berhubungan dengan pemahamanaparat desa beserta lembaga-lembaga kemasyarkatan dalam pengelolaan keuangan desa,” tutupnya. (Har)

/