Deretan Warung Belut Terkenal di Tuban

72
ilustrasi

Kabartuban.com Rugi rasanya jika berkunjung ke Tuban namun tak mencicipi hidangan legendaris yang satu ini yakni belut. Sejak lama belut jadi hidangan primadona khususnya sebagai makanan pendamping minum toak yang merupakan minuman tradisional beralkohol khas Tuban, Sabtu (24/9/2022).

Belut atau welut ini bisa dimasak dengan berbagai cara seperti digoreng, di rica-rica, di pepes, di kuah pedas dan masih banyak cara masak yang lainnya sesuai dengan selera kita.

Untuk menikmati hidangan yang satu ini lebih sedapnya kita bisa menyandingkan dengan nasi jagung. Dikutip dari idntimes.com Berikut deretan warung belut terkenal yang ada di Tuban :

  1. Belut Pak Bagong

Sejak 1982 warung ini terkenal dengan racikan belut berbumbu kering yang rasanya gurih sedap. Selain rasanya yang enak, warung ini membandrol menu dengan harga Rp15.000 per porsinya. Warung ini beralamat di Jalan Majapahit, Tegalagung, Semanding, Tuban yang dibuka mulai dari jam 9 pagi sampai jam 5 sore.

  1. Warung Belut Jangkar

Berdiri sejak tahun 1993 warung ini punya sajian belut rica-rica yang terkenal enaknya. Meski teksturnya yang kering tapi bumbunya sangat menyatu dengan daging belutnya dan membuat pecinta pedas pasti nagih dengan rasa rawitnya yang nendang. Di warung ini juga terdapat menu lainnya seperti swike, lele, becek menthok dan lain-lain. Warung ini beralamat di Desa Tegalagung, Kecamatan Semanding, Kabupaten Tuban.

  1. Warung Makan Mbah Woto

Berbeda dengan tempat lainnya, belut rica-rica disini penyajiannya dipisah antara belut goreng dan sambal rica. Warung ini juga menyajikan menu lainnya seperti becek, menthok, kikil sapi, kare rajungan, bekicot, sup iga sapi, swike, dan masih banyak lainnya. Untuk mencicipi menu yang ada di warung ini kalian bisa datang ke alamatnya yang ada di Jalan Sunan Kalijogo No. 180 Latsari, Tuban yang buka mulai dari jam 9 pagi sampai jam 9 malam.

Baca juga : Viral Jenazah di Kediri Dikuburkan Perangkat Desa Karena Tak Ada Warga Yang Mengantar, Ini Faktanya

  1. Warunge Sriwati

Belut rica dengan bumbu kering yang tidak terlalu pedas menjadi menu favorit disini. Tak hanya belut warung ini menyediakan banyak menu lainnya seperti udang goreng, becek daging sapi, rica swike, rica bekicot, telur rajungan dan lainnya. Warung ini beralamat di Gg Wolu, Dukuh, Tegalagung, Semanding, Tuban dan buka mulai dari jam 8 pagi sampai 2 siang.

  1. Warung Barongan Pak Nar Ngebong

Dimasak dengan tradisional memakai tungku kayu bakar membuat masakan disini cita rasanya khas. Warung ini menyediakan menu rica-rica belut, pepes belut dan belut goreng dengan harga Rp15.000 seporsi. Warung yang bertempat di Desa Bejagung ini menyajikan dua macam nasi yaitu nasi putih dan nasi jagung.

  1. Warung Welut Cemplon

Berdiri sejak 1987 warung ini mempunyai menu andalan yaitu belut super pedas. Belut pedas ini tidak digoreng melainkan langsung dimasak dengan kuah pedas yang membuat tekstur dagingnya masih basah. Jika tak suka pedas kita bisa memesan belut gorengnya yang krispi tapi bagian dalamnya tetap lembut. Warung ini beralamat di Jalan Raya Merakurak-Montong No 125 Kedungsari, Paloan, Merakurak, Tuban dan buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore.

  1. Warung Belut Tukul Tuban

Warung ini menyediakan menu pepes belut, belut goreng tepung, ica-rica belut pedas dan masih banyak lainnya. Untuk mencoba menu ini bisa datang ke alamat Bogorejo, Merakurak, Tuban dan buka mulai dari jam 8 pagi sampai jam 5 sore. (mel)

/