Dua Kali Tunda Berangkat Haji, CJH Akan Di Coret, Meski BPIH Lunas

524
Bimbingan Penyelagera Hajikabartuban.com – Bagi calon jama’ah haji (CJH) yang sudah dua kali melakukan penundaan pemberangkatan ke tanah suci makkah, akan dicoret dari daftar CJH meski telah melunasi sudah melunasi biaya penyelenggaraan ibadah haji (BPIH). Hal ini dilakukan karena melihat banyak-nya antrian CJH calon tunggu.
“Kalau tahun sebelumnya kita masih menoleransi hingg tiga kali penundaan, maka mulai tahun ini maksimal dua kali,lebih dari itu, maka akan dicoret dan BPIH akan dikembalikan,” Kata Siti Maulidiyah Kasi Penyelenggara Haji dan Umroh Kantor Kementerian Agama (Kemenag) Tuban di Kantor-nya (17/4).
CJH yang sudah dicoret dan mau mendaftar lagi harus dimulai dari awal nol (0) mengulangi daftar tunggu atauwaiting list dari awal. Cara yang dilakukan Kemeneg ini tentunya berdasar pada surat Dirjen Penyelenggaraan Haji dan Umroh nomor VII.II/I/Hj.00/00617/2013 dan berdasarkan Peraturan Menteri Agama nomor 14/2012
“Akan tetepi, ini tidak berlaku bagai CJH yang terkena pemangkasan kuota dari pemerintah seperti yang terjadi pada tahun 2013 lalu,”Terang Mulik, sapaan akrabnya.
Lebih lanjut diterangkan, dikabupaten tuban tahun ini baru ada satu CJH yang dikenai aturan tersebut, dan masih ada satu lagi yang yang hingga saat ini belum ada kejelasan dari yang bersangkutan.
“Jika pada tahun ini ada CJH yang sudah melunasi BPIH, namun menunda pemberangkatnnya. Maka, akan dimasukan ke dalam kuota 2015 mendatang, jika pada 2015 tunda berangkat lagi, maka secara otomatis akan dicoret,” Terang Siti Maulidiyah.
Untuk diketahui, kuota CJH tahun 2014 ini, Kemeneg Tuban berangkat 755 jamaah. Jumlah tersebut sudah termasuk Calhaj tunda pada tahun sebelumnya. Sementara untuk pemberangkatannya dijadwalkan 31 Agustus2014. (kh/im)