Dua Pekan di RS Dr. Koesma Tuban, Nenek Sebatangkara Terabaikan Perawatannya

454

tarsiyahkabartuban.com – Menjadi warga miskin di bumi wali ini sepertinya tidak enak, ditambah tidak punya sanak famili. Bahkan, jika tidak mendapatkan keberuntungan bagi warga miskin itu, maka hidupnya bakal terlunta-lunta.

Buktinya, seperti yang dialami Tarsiyah (67). Nenek tua yang tidak punya sanak famili itu kini sedang terlantar di rumah sakit Dr. Koesma Tuban. Informasinya, sudah dua pekan ia dirawat dirumah sakit karena terganggu kesehatannya, namun kini mulai terabaikan.

Informasi yang berhasil dihimpun, bahwa nenek tersebut sebelumnya telah ditemukan oleh komunitas pegiat sosial Apa Kabar Tuban (AKT). Sebelum ditemukan, nenek tua itu keadaannya sedang tergeletak dan tidak berdaya di trotoar Jalan Ronggolawe, Tuban. “Warga menginformasikan kepada kami. Lalu kami medatangi lokasi dan melaporkannya ke Polsek Kota,” ujar Kiftiyar Sutomo, ketua AKT, Sabtu (7/2/).

Lanjut Kiftiyar mengatakan, ketika ditemukan kondisi kesehatan Tarsiyah sangat buruk, kemudian dilarikan ke RSUD dr R Koesma agar bisa mendapat perawatan. Awalnya pihak rumah sakit melayaninya dengan baik, tetapi setelah dua pekan si nenek tak beruntung itu berada di kamar kelas III C RSUD dr R Koesma mulai terabaikan. Melihat kondisi tersebut, Kiftiyar Sutomo bergerak cepat dan langsung menghubungi Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Tuban, tetapi belum mendapat jawaban pasti tentang nasib Tarsiyah. Kiftiyar berharap agar nenek Tarsiyah segera dapat ditampung di penampungan lansia.

“Kasihan kalau terus di RSUD tapi tidak dirawat,” tandas Kiftiyar Sutomo. Sementara itu, Kepala Dinsosnaker Tuban, Nurjanah, membenarkan bila instansinya mendapat titipan seorang nenek tuna wisma. Namun, pihaknya membantah jika instansinya dinilai mentelantarkan nenek itu. Alasannya, karena kondisi nenek itu masih lemah, maka masih perawatannya dititpkan di RSUD dr R Koesma Tuban. “ Dinsos kan tidak punya tenaga medis, ya kami minta tolong RSUD. Staf saya memantaunya terus, kok. Memang Mbah Tarsiyah belum sehat betul, jadi ya kami belum berani menitipkannya ke Panti Jompo,” dalih Nurjanah.

Terkait nasib Tarsiyah, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Tuban, dr. H. Saiful Hadi juga angkat bicara. Ia pun keberatan jika RSUD dr. R Koesma dituding menelantarkan Tarsiyah. “Untuk perawatan medisnya gratis, dinkes yang nanggung. Untuk keperluan sehari-harinya tanggung jawab Dinsos, dan semua sudah kita penuhi” kalim Saiful Hadi. (wan)