Dua Rumah Warga Keradenan Rusak Parah Akibat Sapuan Puting Beliung

1498

kabartuban.com – Bu Asri dan Ngatminah adalah korban yang rumahnya rusak parah akibat sapuan puting beliung. Bencana yang terjadi di Desa Keradenan, Kecamatan Palang, Tuban tersebut terjadi  tadi malam sekira pukul 18:00 WIB dengan merobohkan rumah warga, kendang sapi, dan tempat penggilingan padi.

Bu Asri, pemilik rumah yang terdampak dari puting beliung saat ditemui kabartuban.com Kamis (27/10/2016) mengaku dirinya tidak habis fikir jika kejadian tersebut sampai merobohkan bangunan rumahnya.

“Saya kira cuma atap rumah saja yang tersapu angin, setelah saya ambil lampu center ternyata tembok rumah saya sudah roboh tak tersisa,” ungkapnya.

Lebih lanjut Ibu dua anak tersebut, menyatakan bahwa saat kronologi kejadian dia sedang bersama anaknya di ruangan tengah. Sedangkan bangunan yang roboh adalah tembok kamar, runtuh mengarah keluar rumah.

“Ahamdulillah, saya dan anak tidak sedang posisi di dalam kamar dan tidak sampai mengakibatkan luka-luka,” ujarnya.

Sedangkan korban  puting beliung lainnya, Ngatminah yang seorang janda lanjut usia, mengaku bahwa dirinya terkejut saat berlangsungnya kejadian karena hanya dia sendiri yang menempati rumah itu.

“Saat terdengar suara angin begitu ributnya, saya langsung bangun dan lari keluar rumah, sampai tubuh saya basah kuyub karena diluar masih keadaan hujan,” jelasnya.

Janda setengah baya tersebut bersyukur karena dirinya masih selamat, dia masih merasa ketakutan dan trauma atas kejadian yang merobohkan atap rumahnya.

“Rumahnya tidak sampai runtuh, hanya atap dan gentingnya yang berantakan dan alhamdulillah saya masih selamat,” pungkasnya.

Dari data yang dihimpun kabartuban.com di lokasi kejadian, warga yang terdampak puting beliung telah menerima bantuan dari pemerintah baik itu Kepala Desa, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Tuban serta perwakilan dari Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban.

“Sejak tadi malam BPBD sudah datang di lokasi dan ikut membantu membenahi rumah warga yang roboh, dan pohon-pohon tumbang yang menghalangi jalan. Hingga saat ini pihak kami sudah menerima 34 bungkusan bantuan secara simbolis dari Pemkab Tuban,” terang Sudirman Budiharjo selaku Plt Kepala Desa Keradenan.

Akibat dari peristiwa puting beliung, kerugian materi dari rumah yang rusak berat mencapai hingga puluhan juta, sedangkan rumah yang rusak ringan mencapai kisaran jutaan rupiah.(din/har)

/