Guna Perluas Relawan Tanggap Bencana, BPBD Tuban Adakan Pelatihan

839

kabartuban.com – Guna memperluas jaringan relawan tanggap darurat bencana, Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban gelar pelatihan bencana kepada mahasiswa dan komunitas. Hal tersebut dilakukan agar relawan yang ada di Kabupaten Tuban semakin banyak.

“Semakin banyak orang yang tahu dan mengerti akan tanggap darurat bencana, maka kami berharap akan semakin luas jaringan dan semakin kecil resiko bencana,” ungkap PLT Kepala BPBD Tuban, Joko Ludiono kepada kabartuban.com, Senin (17/10/2016).

Masih terang Joko, selain mengadakan pembekalan, BPBD Tuban juga telah membekali personil dengan pengetahuan bencana, langkah penanggulangannya dan antisipasinya.

“Dalam rangka memperbanyak relawan ini, kami terus mengadakan pelatihan terhadap pelajar-pelajar maupun para pemuda,” paparnya.

Dikatakan oleh Joko, tidak hanya pelatihan saja, dalam waktu dekat ini, BPBD juga akan mengagendakan kegiatan bersih sungai bersama warga dan relawan, dan Pembersihan sungai ini untuk mengurangi tumpukan sampah dan tumbuhan dalam sungai yang dapat berpotensi menghambat aliran air sehingga terjadi banjir.

 

“Rencananya akhir bulan ini kami akan bersih sungai yang melibatkan sekitar seribu orang,” imbuhnya.(har)

/