Hari Sumpah Pemuda, Pemkab Tuban Gelar Upacara

596

kabartuban.com – Dalam rangka memperingati hari sumpah pemuda yang ke-88 ditahun 2016, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban adakan upacara pengibaran bendera Merah Putih bertempat di Alun-Alun Kota Tuban, Jum’at (28/10/2016).

Upacara yang diikuti oleh muda-mudi Tuban meliputi Pelajar, Mahasiswa juga Forkopimda Tuban tersebut dipimpin langsung oleh inspektur upacara Noor Nahar, Wakil Bupati (Wabub) Tuban.

Noor Nahar mengawali pidatonya dengan memberi hormat kepada Bung Karno, serta membacakan kata-kata dari seorang Bung Karno yang populer dikalangan pemuda, “Berikan aku 1000 orang tua maka akan ku cabut gunung beserta akarnya, berikan aku 10 pemuda maka akan ku guncang dunia”.

Lebih lanjut terang Noor Nahar, Indonesia akan menikmati suatu era yang langka yang disebut dengan bonus demografi, dimana jumlah usia produktif indonesia diproyeksikan pada grafik tertinggi dalam sejarah bangsa ini yaitu mencapai 64% dari total jumlah penduduk indonesia yg nantinya sebesar 297 juta jiwa.

“Bonus demografi menjadi window opportunity atau peluang yang strategis bagi sebuah Negara untuk dapat melakukan percepatan pembangunan ekonomi dengan dukungan Sumber Daya Manusia (SDM) usia produktif dalam jumlah yg signifikan,” imbuhnya.

Noor Nahar mengatakan bahwa, secara kuantitas hal ini cukup besar untuk bisa menunjang Negara Indonesia agar lebih maju dan diperhitungkan dimata dunia. Namun jika dipertanyakan relevansi yang termuat dari kata-kata Bung Karno, maka yang kita butuhkan adalah pemuda yang tidak hanya berjumlah besar secara kuantitas, akan tetapi pemuda yang mempunyai kualitas dan visi yang besar.

“Jika kita merenungkan, merefleksikan, maka jumlah besar saja tidak cukup membawa bangsa ini menjadi maju dan diperhitungkan dikancah internasional, Bung Karno tidak perlu menunggu Demografi untuk mengharumkan nama bangsa, melainkan butuh beberapa pemuda unggul yg memiliki kualitas dan visi yang besar,” Tutupnya. (din/har)

/