Hari Terakhir UNBK, Disdik dan Sekolah Berharap Tak Ada Problem

522
Pelakasanaan UNBK hari terakhir pada salah satu SMAN di Kabupaten Tuban.

kabartuban.com- Pelaksanaan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada 36 Sekolah Menengah Atas (SMA) di Kabupaten Tuban hingga saat ini berlangsung aman (13/4/2017).

Kepala Dinas Pendidikan Provinsi Jawa Timur Cabang Tuban Edi Sukarno saat dikonfirmasi mengatakan, sampai hari ke empat atau hari terakhir pelaksanaan, belum ada laporan yang masuk soal kendala baik yang disebabkan oleh instalasi listrik maupun internet.

“Listrik dan internet lancar, sejauh ini kami belum menerima laporan adanya masalah, dari sekolah penyelenggara,” kata Edi (13/4/2017).

Edi juga menjelaskan, tidak hanya listrik dan jaringan internet yang dinyatakan aman. Hal lain (problem) juga tidak disampaikan oleh sekolah penyelenggara, seperti kesalahan soal, hilangnya soal, atau soal yang tidak lengkap pada proses pengunduhan.

Mantan Kepala SMAN Montong Tuban ini berharap hari terakhir Ujian Nasional ini tidak ada soal yang salah atau tertukar, semisal jurusan IPA, Biologi mendapatkan soal fisika atau lainya.

“Seperti yang terjadi di SMK beberapa waktu lalu, ada beberapa soal yang hilang, tidak terjadi di SMA, dan hari ini adalah ujian terakhir penjurusan semoga tidak ada yang salah,” harap Edi.

Sememtara itu, Wakil Kepala Humas SMAN Montong, Joko Sutopo mengatakan, hingga hari ini ujian berjalan lancar, sejauh ini tidak ditemukan kendala berarti dalam proses ujian berbasis komputer itu.

“Alhamdulillah lancar semua, siswanya juga sehat rermasuk yang dapat giliran sesi ketiga ujian,” kata Joko Sutopo.

Untuk diketahui mata pelajaran Ujian Nasional jurusan IPA/IPS berbeda dengan mata ujian lainya yang seragam, karena tidak ada penjurusan. Yang membedakan pada jurusan IPA dan IPS yakni pada mata ujian pilihan yang disesuaikan dengan jurusannya. Mata pelajaran jurusan antara lain IPA terdapat bidang Biologi, Fisika dan Kimia. Untuk jurusan IPS , Geografi, Ekonomi dan Sosiologi.

“Untuk ujian hari ini mata ujian pilihan setiap sekolah berbeda pilihannya. Kalo siswa SMAN 1 Montong, jurusan IPA memilih mata ujian Biologi dan Jurusan IPS memilih Sosiologi. Dan mata uji itu dipilih siswa dari masing-masing mata uji,” pungkas Joko. (Luk)

/