HUT RI, Polres Tuban Beri Hadiah SIM Gratis

7225
Sejumlah masyarakat yang mengikuti prosedur ujian untuk mendapatkan SIM saat melakukan praktik di lapangan belakang Polres Tuban.

kabartuban.com – Satuan Lalulintas (Satlantas) Polres Tuban, berikan hadiah Surat Izin Mengemudi (SIM) Gratis, bagi pemohon SIM baru yang lahir pada tanggal 16 dan 17 Agustus. Hadiah SIM Gratis tersebut diberikan Satlantas Polres Tuban, dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Republik Indonesia yang ke 72 tahun.

Kasatlantas Polres Tuban, AKP Eko Iskandar, saat dikofirmasi kabartuban.com di ruang kerjanya mengatakan, meski diberikan gratis, sebagaimana pemohon SIM lainya, pemohon dengan tanggal lahir 16 dan 17 tetap wajib mengikuti prosedural penting dalam mendapatkan SIM seperti pemohon umumnya, mereka tetap melewati serangkaian tes.

“Semua prosedurnya sama, mereka tetap harus menjalani tes, dan sebagainya, hanya biaya SIM-nya kita yang nanggung,” kata Kasat lantas (14/8/2017).

Menurut AKP Eko, program SIM Gratis itu hanya berlaku bagi pemonon SIM baru semua jenis, dan tidak berlau untuk perpanjangan. “Kita berikan hadiah bagi mereka yang lahir bertepatan dengan hari Kemerdekaan Republik Indonesai,” lanjutnya.

Lebih lanjut diterangkan, SIM adalah bagian penting perlengkapan berkendara, masyarakat yang belum memiliki Izin mengemudi dengan mengantongi SIM tidak disarankan mengendarai kendaraan bermotor, baik roda dua maupun roda empat.

“Apalagi belum cukup umur, sangat tidak disarankan mengemudi sendiri,” tegasnya.

Kasat Lantas yang hobi bersepeda gunung ini menghimbau, masyarakat selalu berhati-hati saat berkendara, tidak ugal-ugalan dan mematuhi aturan serta rambu-rambu lalulintas yang berlaku.

“Tuban ini kasus laka masih cukup tinggi, masyarakat kami himbau santun berkendaran dan patuhi aturan lalulintas,” imbuh Kasat lantas ini.

Sementara itu, Sofa, warga Kecamatan Montong, saat ditanya soal program SIM gratis mengatakan, program itu cukup bagus, sayangnya dia tidak lahir pada bulan Agustus sehingga tidak memiliki kesempatan ikut program itu.

“Saya lahirnya tidak bulan Agustus jadi gak bisa ikut, dan saya sudah punya SIM,” kata pemuda yang ditemui disekitar lapangan praktek SIM Polres Tuban. (Luk)

/