HUT Semen Gresik, MCSG Kampanyekan Safety Riding

1240

kabartuban.com – Pada Hari Ulang Tahun (HUT) Semen Indonesia ke-60, Motor Club Semen Gresik (MCSG) masih menaruh perhatian besar terhadap tingginya angka kecelakaan lalu lintas di Kabupaten Tuban. Dalam kegiatan Wisata Motor Semen Gresik (WMSG) 2017, mereka bersama 2.000 pengendara motor melakukan kampanye cara berkendara yang baik (Safety Riding) sepanjang 60 Kilometer (Km).

“Dari tahun ke tahun Tuban menjadi rangking teratas dalam laka lantas,” ujar Direktur Produksi Semen Gresik (SG), Joko Sulistyanto, saat temui di sela-sela pemberangkatan WMSG di lapangan Perumdin SG Desa Sumurgung, Kecamatan/Kabupaten Tuban, Minggu (22/10/2017).

Joko menaruh harapan besar, agar MCSG terus bersinergi dengan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Tuban, utamanya dalam hal partisipasi keselamatan berkendara. Sekaligus ikrar tahun keselamatan untuk kemanusiaan.

Lebih dari itu, diharapkan juga dapat mengembangkan sayap dan menjadi pioner keselamatan di Kabupaten Rembang, Jawa Tengah. Atas nama manajemen SG, mari stop pelanggaran dan stop kecelakaan.

Kepala Satlantas Polres Tuban, AKP Eko Iskandar mengapresiasi kegiatan WMSG yang diinisiasi oleh MCSG sejak tahun 2007. Sebagai daerah yang laka lantasnya tinggi, bukan menjadi kebanggaan melainkan aib.

“Kalau rangking pertama mencegah laka lantas baru bangga,” sambung Eko.
Sejak tahun 2014 jumlah laka lantas di Tuban mencapai 900-an kasus. Tahun 2015 naik menjadi 1.000 lebih kasus. Tahun 2016 naik drastis menjadi 1.500 kasus. Data terakhir sampai bulan September 2017, telah terjadi laka lantas kurang dari 900-an kasus.

Diharapkan angka tersebut tidak naik serupa tahun sebelumnya. Untuk menekan kecelakaan, MCSG memiliki peran sempurna. Melalui WMSG ke 10 ini, masyarakat didorong untuk sadar dan mengutamakan keselamatan dalam berkendara. Sekaligus menjadi contoh tertib berlalulintas.

Kampanye safety riding langsung dipimpin Ketua MCSG, Sukamto. Sebelum berangkat, setiap peserta wajib mematuhi peraturan kelengkapan surat, melaju dalam batas 40 Km/jam, dan mengimplementasikan Undang-undang Nomor 22 tahun 2009 tentang peraturan tata tertib lalu lintas.

“Mari kita ikrar tahun keselamatan untuk kemanusiaan,” tegasnya.

Untuk rute WMSG kali ini start dari Perumdin SG, Jalan Letda Soecipto, patung, Jalan Dr. Wahidin Sudirohusodo, perempatan karangwaru, pertigaan RS Medika Prunggahan Kulon, Polsek Semanding, Penambangan, Ngino, Dermawu, Gesikan, Waleran, Tileng, Becok, Mboto, Tegalrejo, Sumurgung, SMPN 4 Tuban, dan finish di Perumdin SG kembali.

Untuk menjamin keselamatan peserta kampanye, MCSG juga bersinergi dengan PT Wahana Asuransi Tata dengan nomor polisi 009.1050.901.2017.000007.00. Asuransi ini berlaku selama kegiatan dengan peserta yang berusia 17-60 tahun. (dur)

/