Industri Perhotelan Diharap Gandeng Industri Kreatif

26
Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo

kabartuban.com – Melandainya kasus Covid-19 di Kabupaten Tuban memberikan dampak yang positif bagi sektor perekonomian terutama di Kabupaten Tuban. Tidak hanya itu, hal tersebut juga berdampak pada perkembangan investasi pada sektor industri di Kabupaten Tuban, termasuk pada industri perhotelan.

Hal tersebut disampaikan langsung oleh Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Perindustrian Kabupaten Tuban, Sugeng Purnomo usai menghadiri grand opening salah satu hotel di Jalan Basuki Rahmat, Tuban, Senin (6/6/2022).
“Dengan adanya grand opening hotel ini kami berterima kasih, paling tidak ada sesuatu yang lebih. Artinya investasi di Tuban ada peningkatan,” ucapnya.

Dengan tumbuhnya investasi di bidang perhotelan, kata Sugeng, merupakan salah satu upaya untuk memulihkan keadaan perekonomian pasca pandemi dan juga membuka peluang bagi tenaga kerja.
“Tenaga kerja kita masih butuh banyak pekerjaan, sehingga banyaknya industri dan perhotelan bisa menyerap tenaga kerja kita,” ujar mantan Camat Kerek itu.

Sugeng berharap, perhotelan di Kabupaten Tuban juga melibatkan Usaha Kecil dan Menengah (UMKM) dan industri kreatif lokal Tuban, agar bisa melakukan promosi sehingga hal tersebut dapat membuat UMKM di Tuban banyak dikenal masyarakat luar Tuban.

“Ini termasuk salah satu atensi Mas Bupati Tuban, bagaimana pun juga UMKM dan industri kreatif ada yang menaungi, termasuk salah satunya perhotelan,” timpalnya.

Harapannya, ada semacam etalase atau tempat tertentu di perhotelan untuk memamerkan produk-produk lokal Tuban, sehingga pemasaran atau promosi bisa diperluas hingga menjangkau wisatawan luar kota yang menginap di hotel tersebut.

“Tamu dari hotel biasanya dari berbagai daerah, sehingga bisa memperluas jaringan promosi dan pihak hotel bisa membantu memfasilitasi,” harapnya. (hin/dil)

/