Juli 2017, Penerima Manfaat PKH Akan Terima Bansos Non Tunai

803
Mensos RI, Hj. Khofifah Indar Parawangsa saat melihat secara langsung proses pencairan Bansos dari program keluarga harapan (PKH) di Pendopo Krido Manunggal Tuban.

kabartuban.com – Mulai Juni 2017, Penerima Program Keluarga Harapan (PKH) akana menerima bantuan sosial secara non tunai. Metode pencairan bansos non tunai menggunakan buku tabungan dan kartu keluarga sejahtera (KKS) dengan sistem perbankan.

Hal itu seperti yang disampikanoleh Menteri Sosial (Mensos) RI, Dra.Hj. Khofifah Indar Parawansa, dalam acara pencairan program PKH tahap pertama di Pendopo, Krido Mangunggal Kabupaten Tuban  (22/5/2017).

Lebih lanjut Mensos mengatakan, saat ini di indonesia terdapat 6 juta keluarga penerima manfaat sudah 50 persen menggunakan metode pencairan non tunai, dari data itu 3 juta penerima sudah menggunakan metode pencairan melalui sistem perbankan.

“Saya akan terus monitor pencairan non tunai sebagai bagian dari proses penyiapan secara nasional, insya Allah juli 100 persen, sampain mei ini sudah 50 persen,” kata Khofifah  (22/5/2017).

Saat ini Kemensos akan menyiapkan infra struktur agen bank agar Juni suadah 6 juta penerima manfaat PKH yang dapat menggunakan sistem non tunai ini. Dikataan pula,  jika saat ini agen bank masih melayani 150, makan sekarang harus diberikan perluasan layanan agar target seratus persen terealisasi pada Juni mendatang.

“Kalau misalnya satu agen melayani 150 sekarang, dia harus diluaskan menjadi 300,” lanjutnya.

Menurut Mensos yang juga Ketua Umum PP Muslimat NU ini, layanan non tunai menggunakan KKS, selanjutnya bantuan sosial akan langsung disalurkan dengan mentransfer ke rekening penerima manfaat.  Selanjutnya penerima manfaat dapat bertransaksi di jaringan maupun agen yang dikelola oleh masing-masing  bank anggota.

“KKS dilengkapi dengan saving account, kartu dapat digunakan untuk berbagai program bantuan sosial, kartu ini juga bisa menjadi ATM,” kata Khofifah di hadapat ratusan Keluarga Penerima Manfaat.

Sementara itu, Kepala Dinas Sosial Kabupaten Tuban Hj. Nurjanah, SH,  di Kabupaten Tuban terdapat  41.566 keluarga penerima manfaat,  program non tunai tahap awal akan diberikan kepada 21.809 KPM yang tersebar di 8 kecamatan yaitu Soko, Semanding, Tuban, Plumpang, Palang, Rengel, Merakurak dan Bancar.

“Sesuai dengan petunjuk akan disalurkan secara non tunai, dan keseluruhan Insya Allah sebelum lebaran,” kata Nurjanah.  (Luk)

/