Kecam PHK Sepihak, Ribuan Buruh Geruduk PT IKSG

265
Ratusan buruh yang tergabung dalam FSPMI Tuban demo PT IKSG Mengecam pihak sepihak.

kabartuban.com – Ribuan Massa buruh metal yang tergabung dalam Federasi Serikat Pekerja Metal Indonesia (FSMPI) Kabupaten Tuban melakukan aksi geruduk pabrik Indusri Kemasan Semen Gresik (IKSG) di jalan Pelabuhan Semen Indonesia, Desa Socorejo, Kecamatan Jenu, Tuban, Senin (15/8/2022)

Dalam aksi tersebut, setidaknya kurang lebih 2.500 massa yang mengikuti demo tersebut, hingga truk muatan bahan baku semen tak dapat melintas menunggu aksi demo IKSG selesai. Mereka membawa sejumlah banner bertuliskan kecaman PHK Sepihak kepada 33 buruh yang dilakukan oleh PT IKSG dan PT Swabina Gatra selaku anak usaha PT Semen Indonesia Group (SIG).

“Ada 5 tuntutan dari buruh pada demo hari ini. Diantaranya meminta PT Swabina Gatra memperkerjakan kembali 33 buruh yang di PHK,” ujar Duraji selaku ketua FSMPI Tuban.
Masih terangnya, jika PHK yang dilakukan oleh PT Swabina Gatra telah menyalahi ketentuan Undang-Undang yang berlaku dan tidak menghormati forum dialog yang masih berjalan.

“Kami telah bersedia bertemu dengan perusahaan, yang dimediasi oleh Disnaker Tuban, dan belum ada anjuran apapun. Jadi pemecatan tersebut kami anggap sebuah bentuk arogansi,” tegasnya.

Duraji juga meminta kepada Bupati Tuban, Aditya Halindra Faridzky untuk ikut andil dalam menyelesaikan persoalan PHK sepihak karena belakangan ini banyak kasus serupa yang terjadi.

Baca Juga: Tak Nyalakan Lampu Sepeda Motor Saat Berkendara, Siap-Siap Kena Denda!

Dalam aksi demo tersebut, kepada IKSG mereka meminta untuk menunjukkan bukti bahwa perusahaan anak usah SI mengalami kerugian selama dua tahun.

Selain itu, Duraji selaku ketua FSMPI Tuban meminta kepada pihak yang membawaanggotanya untuk bekerja di perusahaan tersebut agar dikembalikan. Apabila tidak, maka buruh akan mengancam akan melumpuhkan jalur Panturan Tuban seperti sebelumnya. (hin/dil)