Kumpulan Destinasi Wisata Pantai Indah di Tuban, Cek Sekarang!

129
Pantai kelapa Tuban

kabartuban.com – Apakah kamu ingin berlibur ke pantai yang indah? Lupakan sejenak pantai-pantai cantik di Bali yang ramai pengunjung, karena pantai di Tuban tak kalah cantik dan tidak terlalu ramai jika dibandingkan dengan pantai di Pulau Dewata.

Tuban adalah sebuah kabupaten yang berada pantai utara di Jawa Timur. Lokasinya bisa dibilang strategis karena berbatasan langsung dengan kota-kota besar di Jawa Tengah. Kabupaten ini terdiri dari 20 kecamatan dengan destinasi wisata yang didominasi oleh pantai. Setiap pantainya memiliki keunikan tersendiri. Penasaran? Yuk, cari tahu lebih lanjut tentang destinasi wisata pantai di Tuban berikut ini!

Wisata Pantai di Tuban

  1. Pantai Boom

Wisata Pantai Tuban - Pantai Boom

Lokasi: Kelurahan Kutorejo, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Pantai Boom berada di sebelah utara Alun-Alun Tuban. Di wisata pantai Tuban ini terdapat daratan dengan posisi menjorok ke laut dengan panorama yang indah. Sebagai salah satu pantai di Tuban yang paling populer, fasilitas di pantai ini lengkap dan terawat sehingga bisa membuatmu nyaman saat berkunjung ke sini. Tak hanya menikmati pemandangan, kamu juga bisa berfoto di dekat perahu nelayan atau memancing. Disarankan untuk berkunjung ke sini saat pagi atau sore hari untuk melihat terbit dan tenggelamnya matahari.

  1. Pantai Mangrove Center
Pantai Mangrove Center

Lokasi: Jalan Raya Tuban–Semarang km 6, Kajenom, Jenu, Tuban, Jawa Timur

Sesuai dengan namanya, wisata pantai di Tuban ini adalah pusat pohon mangrove atau bakau. Tak hanya sebagai tempat wisata, Pantai Mangrove Center juga termasuk tempat budidaya mangrove, perkemahan, kegiatan outbound, serta penangkaran hewan. Salah satu hewan yang berada di penangkaran ini adalah Burung Blekok. Dengan banyaknya pilihan aktivitas yang bisa dilakukan di lokasi eduwisata ini, harga tiket masuknya terjangkau yaitu Rp5.000 per orang.

  1. Pantai Sowan

Wisata Pantai Tuban - Pantai Sowan

Lokasi: Bogoran, Desa Bogorejo, Kecamatan Bancar, Tuban, Jawa Timur

Pantai Sowan adalah pantai di Tuban dengan pasir berwarna coklat. Terdapat pohon-pohon yang rimbun di sekelilingnya sehingga memberikan suasana yang teduh. Selain bermain pasir dan air, kamu juga bisa menjelajahi area hutan dengan pohon rimbun, mencicipi seafood segar di pinggir pantai, bermain flying fox, atau berpose di spot foto yang instagrammable.

Baca Juga: LBH KP Ronggolawe Bersama BNNK Tuban Adakan Penyuluhan Bahaya Penyalahgunaan Narkoba

Beberapa spot foto yang ditawarkan antara lain ayunan di pantai, serta yang memicu adrenalin seperti sepeda gantung dan karpet terbang. Wisata pantai Tuban ini terbuka untuk umum setiap harinya pukul 07.00-17.00 WIB dengan harga tiket masuk mulai dari Rp10.000 per orang dan tarif parkir mulai dari Rp2.000.

  1. Pantai Remen

Wisata Pantai Tuban - Pantai Remen

Lokasi: Remen, Jenu, Tuban, Jawa Timur

Untuk kamu yang mencari pantai dengan pasir putih, Pantai Remen di Jenu, Tuban adalah destinasi wisata yang tepat. Banyak kegiatan yang bisa kamu lakukan di pantai Tuban dengan pasir putih ini seperti berjemur, bermain pasir, piknik, bermain ATV di bibir pantai, dan menikmati keindahan sekitar dari gazebo. Pantai ini buka lebih pagi dibandingkan Pantai Sowan yaitu mulai pukul 06.30 dan tutup pukul 17.00 WIB.

  1. Pantai Cemara

Wisata Pantai Tuban - Pantai Cemara

Lokasi: Jalan Tuban-Gresik Sendang Harjo, Sendangharjo, Sugihwaras, Tuban, Jawa Timur

Pantai di Tuban yang identik dengan pohon Cemara ini dibuka untuk umum setiap harinya selama 24 jam. Pohon cemara berbaris dengan rapi di bibir pantai, menawarkan keindahan yang berbeda dari pantai-pantai biasanya. Pantai Cemara memiliki ombak yang relatif tenang dengan area pinggir laut yang luas sehingga kamu bisa beraktivitas dengan leluasa mulai dari berjemur, berenang, bermain voli, dan tentunya berfoto. Asyiknya lagi, tidak dikenakan biaya untuk bermain di pantai ini.

 

  1. Pantai Semilir

Wisata Pantai Tuban - Pantai Semilir

Lokasi: Jl. Nasional 1, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352

Pantai Semilir atau yang juga dikenal dengan nama Pantai Socorejo baru saja memiliki gapura di pintu masuknya pada akhir tahun 2020. Pada awalnya, Pantai Semilir tidak diketahui banyak orang. Namun akhirnya, pemerintah melihat potensi pantai dan mulai mengembangkan fasilitas sambil mempromosikannya. Di sini juga kamu tidak hanya menikmati pemandangan pantai, tapi juga bisa mencicipi kuliner khas yaitu Nasi Pindang Godong Jati seharga Rp10.000 per porsi. Untuk berkunjung ke Pantai Semilir tidak dikenakan biaya tiket masuk, kecuali parkir Rp2.000 untuk motor dan Rp5.000 untuk mobil.

 

  1. Pantai Kelapa
Pantai kelapa

Lokasi: Desa Panyuran, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, Jawa Timur.

Berada sekitar 5 km dari pusat kota Tuban, pantai ini dikelilingi oleh rimbunnya pohon kelapa bak ilustrasi pantai yang indah. Pasirnya berwarna putih, kontras dengan laut yang biru. Tak hanya berenang dan berjemur, ada banyak kegiatan outdoor lainnya yang bisa kamu lakukan di Pantai Kelapa, antara lain berkemah, berfoto, berkuda, bermain ATV, ayunan, dan juga flying fox. Meskipun namanya adalah Pantai Kelapa, di pantai ini sebenarnya terdapat juga pohon lain seperti pohon cemara namun jumlahnya tidak terlalu banyak. Harga tiket masuk Pantai Kelapa adalah Rp 10.000 per orang dengan jam operasional pukul 07.30–17.00 WIB. 

  1. Pantai Gerdu Laut
Pantai Gerdu Laut

Lokasi: Karangsari, Tuban, Jawa Timur

Untuk kamu yang suka menikmati suasana terbit dan tenggelam matahari, jangan lewatkan kunjunganmu ke pantai di Tuban yang satu ini. Ombak di Pantai Gardu Laut sangat tenang sehingga relatif aman jika kamu ingin berkemah di hamparan pasir yang luas di pinggir pantai. Pemandangan sunrise dan sunset tentunya semakin indah dengan adanya siluet kapal-kapal nelayan yang singgah di Pantai Gardu. Untuk menikmati keindahan pantai ini, tidak dikenakan biaya dan pantainya buka selama 24 jam.

  1. Pantai Surindah
Pantai Surindah

Lokasi: Glagah, Temaji, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur 62352

Pantai yang berada di jalur Pantura Surabaya-Semarang ini belum banyak diketahui oleh orang sehingga cocok sekali untuk kamu yang ingin mencari ketenangan. Alamnya masih sangat asri dan di sini kamu bisa berjemur, berjalan menyusuri pantai, dan pastinya mengabadikan keindahan alamnya di dalam kamera. Objek ikonik yang ada di pantai ini adalah bangkai kapal yang besar. Nilai plus lainnya, tidak ada biaya tambahan untuk bisa menikmati pantai ini.

  1. Pantai Stockpile
Pantai Stockpile

Lokasi: Desa Sukorejo, Kecamatan Jenu, Karangdowo, Socorejo, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban, Jawa Timur

Pantai di Tuban yang satu ini bisa dibilang cukup baru. Meskipun begitu, pantai Stockpile dengan pasir putih cukup diminati oleh pengunjung karena keunikannya yaitu dekat hutan alami kayu galam dan terdapat gazebo untuk bersantai di pinggir pantai. Tak perlu khawatir soal harga tiket masuk karena tidak dikenakan biaya retribusi untuk bermain di pantai yang buka 24 jam ini.

  1. Pantai Depan Klenteng
Pantai Depan Klenteng

Lokasi: Karangsari, Kec. Tuban, Kabupaten Tuban

Sesuai dengan namanya, destinasi wisata pantai Tuban yang satu ini terletak didepan sebuah klenteng bernama Klenteng Kwan Sing Bio. Tak hanya menawarkan pemandangan yang indah, wisata pantai Tuban yang satu ini terkenal sebagai spot memancing dikalangan warga setempat.

  1. Pantai Kambang Putih
Pantai Kambang Putih

Lokasi: Jl. Raya Jenu, Jabung, Sugihwaras, Kec. Jenu, Kabupaten Tuban

Satu lagi wisata pantai di Tuban yang cukup populer adalah Pantai Kambang Putih. Pantai Kambang Putih menawarkan wisata bahari dengan pemandangan yang indah, dimana pengunjung dapat berenang dan berjemur di pantai. Lokasi Pantai Kambang Putih juga terbilang cukup strategis, terletak di sebelah terminal Tuban. (nat)