Manfaat Buah Srikaya Bagi Tubuh

5

kabartuban.com – Banyak manfaat buah srikaya yang selama ini jarang diketahui orang. Mulai dari atasi masalah kanker, pencernaan, jantung, kehamilan, sistem imun, dan kecantikan. Manfaat ini berasal dari kandungan vitamin B6, C, E asetogenin, antioksidan, zat besi, magnesium, dan serat.

Buah bermata banyak ini memiliki daging berwarna putih dan lezat dikonsumsi. Rasanya manis, asam, pahit yang membuatnya cocok untuk diolah menjadi jus. Tak melulu dijadikan jus, untuk bisa merasakan manfaat buah srikaya, mengkonsumsinya secara langsung juga terbilang praktis.

Penjual buah srikaya di Tuban juga tak sulit untuk ditemukan  karena para pedagang tersebar di beberapa titik, salah satunya berada di jalur Pantura, Manunggal Selatan. Di sepanjang jalur tersebut, baik kanan ataupun kiri jalan berjajar kios-kios pedagang yang menjajakan buah srikaya.

Perlu diketahui, biasanya para pedagang menjajakan buah siwalan sebagai oleh-oleh. Namun kali ini sedikit berbeda karena tengah memasuki musim hujan alhasil buah siwalan sendiri tidak banyak di stok dan beralih menjual buah srikaya.

Dilansir dari Liputan6.com berikut manfaat buah srikaya yang tersembunyi dan memiliki manfaat yang ternyata cukup banyak, Kamis (06/01/2022).

 Manfaat Buah Srikaya

  1. Anti Kanker

Buah srikaya bisa dijadikan sebagai antikanker. Manfaat buah srikaya ini berasal dari kandungan asetogenin dan alkaloid. Apalagi banyak pula obat atau ramuan herbal yang mengandung ekstrak srikaya dan dipercaya bisa membunuh sel kanker.

Senyawa asetogenin ini memiliki efek sitotoksik terhadap sel-sel kanker. Efek inilah yang bisa menyebabkan sel kanker akan mati. Meskipun antikanker, tetapi buah srikaya tidak bisa melenyapkan sel kanker begitu saja. Berkonsultasi dengan dokter juga sangat diperlukan sebagai upaya pengobatan.

  1. Menjaga Kesehatan Rambut

Masalah rambut seperti kutu rambut dan ketombe ini bisa diatasi dengan manfaat buah srikaya. Menurut sebuah penelitian, ekstrak biji buah srikaya yang diaplikasikan dengan minyak kelapa cukup ampuh untuk mengobati kutu rambut dan ketombe. Apalagi bagi wanita berhijab, cuaca panas dan berkeringat akan membuat kulit kepala menjadi lebih mudah berketombe.

Namun, untuk mengatasi permasalahan ini tetap perhatikan cara penggunaannya. Harus tetap hati-hati dan jangan sampai terkena mata, karena bisa menyebabkan iritasi dan kerusakan seperti keratitis. Tetapi jika diaplikasikan dengan benar, suplemen dari buah srikaya sebenarnya ampuh mengatasi peradangan dan memelihara kesehatan mata.

  1. Melancarkan Pencernaan

Manfaat buah srikaya tak hanya berdampak bagi kecantikan, tetapi juga kecantikan. Buah srikaya sangat kaya serat dan tembaga yang penting untuk meningkatkan kesehatan pencernaan. Serat ini akan membuat proses sistem pencernaan menjadi lebih baik, sehingga racun dalam tubuh menjadi lebih mudah disingkirkan.

Kandungan serat dalam buah srikaya dapat mencegah terjadinya sembelit pada tubuh manusia. Maka dengan mengonsumsi buah srikaya, masalah gastritis, disentri, diare, dan mulas akan berkurang. Buah yang menakjubkan ini sangat membantu pencernaan dan efektif mengobati gangguan pencernaan.

  1. Mencegah Penuaan Dini

Wanita yang selalu dihadapkan dengan paparan langsung sinar matahari, polusi, dan radikal bebas lain, wajib merasa khawatir dengan penuaan dini ini. Tetapi manfaat buah srikaya bisa mengatasinya dengan baik. Buah srikaya akan membantu kulit menjadi lebih kenyal dan bercahaya. Termasuk meregenerasi kulit dan mencegah stres oksidatif.

Asam amino dan senyawa kimia lain dalam buah srikaya juga dapat membantu memproduksi kolagen. Kolagen ini yang nantinya berguna untuk memberikan elastisitas pada jaringan kulit wajah secara alami. Sedangkan antioksidan dalam buah srikaya, sangat ampuh melindungi serta mencegah kulit dari kerusakan akibat radikal bebas.

  1. Menjaga Kesehatan Jantung

Buah srikaya mengandung magnesium yang dipercaya dapat melindungi jantung dari berbagai masalah kesehatan. Lalu vitamin B6 dalam buah srikaya dapat membantu mencegah koleksi homocystein, hingga efektif meminimalkan risiko penyakit jantung.

Selain kedua kandungan tersebut, manfaat buah srikaya juga berasal dari natrium dan kalium dengan jumlah yang tepat. Mineral ini membantu untuk mengontrol dan mengatur tekanan darah dalam tubuh manusia. Magnesiumnya juga bisa membantu mencegah kram sehingga risiko stroke akan menurun.

  1. Menyehatkan Kehamilan

Gejala “morning sickness” yang kerap dialami oleh ibu hamil ini bisa diatasi dengan manfaat buah srikaya bagi wanita. Morning sickness merupakan kondisi mual, pusing, dan lemas yang dialami ibu hamil pada trimester pertama kehamilan.

Untungnya manfaat buah srikaya dengan kandungan vitamin B6 di dalamnya bisa mengatasi. Buah srikaya akan meredakan mual dan pusing pada ibu hamil pada masa awal kehamilan ini.

Pada masa kehamilan, ibu sudah pasti sangat membutuhkan nutrisi penting untuk menjaga daya tahan tubuhnya. Jika daya tahan tubuh ibu baik, maka daya tahan tubuh janin dalam kandungan akan mengikutinya. Kandungan karbohidrat, kalori, dan lemak yang cukup tinggi dalam buah srikaya dapat memenuhinya.

  1. Kontrol Gula Darah dan Imun Tubuh

Buah srikaya memiliki nilai indeks glikemik sedang. Tidak heran jika manfaat buah srikaya dipercaya mampu mencegah meningkatnya gula darah di tubuh manusia. Mengonsumsi buah srikaya mampu menjaga kestabilan kadar gula darah dan menurunkan dosis penggunaan insulin. Buah srikaya aman dikonsumsi oleh penderita diabetes walau rasanya manis.

Buah srikaya pun memiliki berbagai kandungan nutrisi, salah satunya vitamin C. Vitamin C yang terkandung di dalam buah srikaya cukup banyak. Vitamin C yang ada di dalam buah srikaya berguna untuk menjaga daya tahan tubuh manusia. Mengonsumsi buah srikaya secara rutin membuat daya tahan tubuh menjadi kuat dan terhindar dari risiko berbagai penyakit dan melawan infeksi yang menyerang. (hin)

/