Mantan Kakanwil Depag Jatim, Lantik Pengurus DMI Tuban

386
DMI 1kabartuban.com – Mantan Kakanwil Kementerian Agama Jatim (Depag.red), H Roziqi, MM  Kemarin (22/1) melantik Drs. H. Kasduri Al Ansori mantan Kepala Madrasah Aliyah Negeri Rengel Tuban sebagai ketua bersama pengurus Dewan Masjid Indonesia (DMI) Kabupaten Tuban masa Bhakti 2013-2018 di Asrama Haji Kabupaten setempat (22/1).
Hadir dalam pelantikan Bupati Tuban H. Fathul  Huda, Wakil Bupati Ir. H.Noor Nahar Husain, M.Si yang juga salah satu funsionaris DMI Kabupaten Tuban, Ketua DPRD Kristiawan juga Kepala Kantor Kementrian Agama Kabupaten Tuban yang baru Drs. H. Abdul Wahib serta sejumlah tamu undangan lainya.
Dalam sambutanya, Bupati Tuban menyampaikan, menjadi pengurus masjid adalah pekerjaan mulia yang  gajinya tidak terbatas, pengurus masjid akan mendapat gaji yang tidak bisa dibeli dengan uang karena berupa pahala yang besar,  dan mengurus masjid adalah pengabdianya atau jihadnya dijalan Allah.
”Gaji pengurus masjid amat besar, pekerjaan lain belum tentu mendapatkan gaji seperti ini.  Gaji ini bersifat abadi dan akan di bawa hingga mati,” Kata Bupati Huda yang juga salah satu Ketua PW NU Jawa Timur ini.
Pada kesempatan yang sama, Bupati juga mengajak kepada pengurus masjid agar bisa membimbing warga sholat berjamaan, serta mengajak pada kebaikan. Bupati Huda juga menyampaikan  keprihatinanya terhadap keadaan kantor asrama haji yang tidak memiliki satupun kaligrafi ayat suci Al-Quran atau hadist yang diharpakan dapat memotifasi.
”Saya sempat kaget tadi waktu masuk asrama ini, saya lihat sekeliling satupun tidak saya jumpai kaligrafi ayat Al’Quran, ini benar-benar aneh”  Tambah Bupati yang mencintai seni kaligrafi arab ini.
Sedangkan untuk pengurus DMI yang baru dilantik diharapkan bisa bekerja dengan baik utamanya bisa bekerjasama dengan pemerintah kabupaten, agar kegiatan di masjid terutama kegiatan sholat berjamaah semakin meningkat. ”Selanjutnya adalah kegiatan mengaji belajar Al-Quran bagi anak-anak juga harus lebih di tingkatkan, serta bersinergi dengan kegiatan pemerintah” pungkasnya.
Dikonfirmasi terpisah, Ketua DMI Provinsi Jawa Timur yang juga menjabat sebagai Ketua Ta’mir Masjid Al-Akbar Surabaya ini berharap pada kepengurusan ini selian bisa bekerjasama dengan pemerintah juga bisa memberikan contoh pada lingkungan sekitar.
“DMI Pusat memeliki program penghijauan 1 Milyar Pohon kerjasama antara Menteri Kehutanan dan Menteri Kesehatan. Karena Tuban ini mulai banyak industri, apa bila ada lahan kosong disekitar Masjid, atau lahan laian bisa program ini dikembangkan di Kabupaten Tuban” harap Roziqi.
Lebih lanjut diterangkan, terkait dengan program tersebut, di Jawa Timur sebagai Pilot Projek tentang kebersihan ada di Kabupaten Ponorogo dan Kabupaten Malang. “Silahkan bekerjasama dengan pemerintah setempat, terkait dengan program-program yang tersebut” Pungkas Roziqi. (kh)