Mbah Tun, Tunawisma Terlantar Dekat Lingkungan Alun-Alun Tuban

63
Mbah Tun, Tunawisma di Seputaran Alun-alun Tuban

kabartuban.com – Sudah lebih dari satu tahun Mbah Kastuni, seorang nenek tunawisma terlantar di tepi jalan seputaran alun-alun kota Tuban, tepatnya di depan Toko Cendrawasih, Jalan Panglima Soedirman. Bahkan, untuk makan sehari hari ia harus mengandalkan pemberian dari masyarakat sekitar.

Ia melakukan semua aktivitas kesehariannya di tempat itu juga, termasuk memasak dan bahkan tidur, tanpa memedulikan cuaca, baik hujan maupun panas, dia enggan untuk berpindah tempat.

“Iya, Mbah Tun setiap hari ya di situ mas untuk aktivitas keseharianya seperti makan masak dan tidur, tetapi ia juga kadang numpang masak atau mandi di sini,” ujar Nadia seorang warga sekitar saat ditanya timĀ kabartuban.com, Jum’at (29/03/2024).

Nadia juga menambahkan bahwa meskipun Mbah Tun terkadang marah-marah ketika stresnya kambuh dan keberadaannya yang kurang nyaman bagi sebagian orang, tetapi tetap tidak mengganggu ketenangan masyarakat sekitar.

Menurut informasi yang kami dapatkan dari warga sekitar, belum ada penanganan dari pihak pemerintah terhadap Mbah Kastuni.

“Untuk kebutuhan makan sehari-hari ya kalo ada orang yang lewat itu kadang ngasih gitu mas,” ujar Hartono juru parkir setempat.

Sementara itu sampai berita ini diterbitkan, pihak Dinsos belum memberikan respon saat dimintai keterangan terkait hal tersebut. (zam/zum)

/