Mengenal Sang Juara Bertutur dari SDN Socorejo Jenu

9
Delyncia Allegra yang memenangkan lomba bertutur juara 1

kabartuban.com – Siswi berprestasi di SDN Socorejo, Kecamatan Jenu yang bernama Delyncia Allegra berhasil menjadi juara dalam Lomba Bertutur jenjang SD/MI se-Kabupaten Tuban tahun 2022, yang dilaksanakan di lantai dua Dinas Perpustakaan Umum dan Kearsipan pada Rabu 08 Juni 2022 lalu. Sang juara tersebut merasa senang dan semakin termotivasi untuk meraih prestasi yang lebih baik lagi, Jumat (10/06/2022).

Dalam kesempatan lomba tersebut, anak kedua ini membawakan dongeng cerita rakyat dari Tuban yang berjudul Kisah Kijang dan Gunung Galang. Dari 47 peserta dari berbagai sekolah di Kabupaten Tuban, Cia sapaan akrabnya mendapat perolehan dengan total nilai sebesar 2.620.

Menurutnya, mendongeng merupakan salah satu kegiatan yang paling digemarinya, sehingga pada saat ia mendengar perlombaan bertutur, ia sangat antusias untuk mengikutinya. Dengan melakukan berbagai persiapan mulai dari menambah waktu untuk sering berlatih vocal, mimik wajah, maupun intonasi dalam bercerita.

“Senang banget, senang pokoknya nggak nyangka bisa menang karena banyak yang lebih besar-besar. Memang sudah dipersiapkan sekitar satu bulan, dari kecil memang suka cerita,” ucap anak yang duduk dibangku kelas 3 ini.

Usaha tidak akan menghianati hasil, sepertinya pepatah tersebut yang layak untuk disematkan pada siswi SD Socorejo ini. Dimana dirinya berhasil membawakan cerita kisah Kijang dan Gunung Galang dengan sangat apik, sehingga membuat para pendengar hanyut dalam cerita tersebut. Tak hanya itu, dalam aksinya, Cia juga pandai dalam memainkan gerak tubuh, mimik wajah, dan intonasi suara.

Gadi kecil tersebut memgaku dirinya bersama dengan orang tuanya sempat melakukan perjalanan langsung menuju Gunung Galang yang ada di cerita tersebut. Dalam perjalanan itulah ia berhasil menemui langsung penulis asli dari cerita yang dibawakannya.

“Awalnya tertarik dengan isi ceritanya dan langsung datang ke Widang, ingin tahu lokasinya juga apakah benar seperti itu yang diceritakan dan ternyata memang benar. Banyak sekali yang didapatkan, terus bisa bertemu langsung dengan penulisnya,” jelas orang tua Cia.

Orang tua Cia juga mengaku bahwa anaknya sangat enjoy dan tidak terbebani dalam melakukan rangkaian kegiatan yang dijalani, sebab memang bercerita merupakan salah satu hal yang disukai. Nantinya Delyncia Allegra akan mewakili Kabupaten Tuban di tingkat Provinsi.

“Sebelumnya pernah dapat juara puisi se-Kabupaten Tuban, dua kali waktu TK dan sekarang,” tutupnya.(hin/dil)