Momen Idul Adha, Pengepul Terima Ribuan Kulit Hewan Kurban

17
Pengepul kulit sedang cek kualitas kulit hewan kurban

kabartuban.com – Momen Hari Raya Idul Adha menjadi berkah bagi umat Muslim. Selain dapat menikmati berbagai macam olahan daging, Hari Raya Kurban ini juga membawa berkah tersendiri bagi para pengepul kulit hewan kurban di Tuban.

Setiap Hari Raya Kurban, Khumaidi, pengepul kulit di sekitar Pasar Bongkaran Tuban, mengaku selalu kebanjiran kulit sapi dan kambing yang disetorkan kepadanya. Warga dari berbagai daerah di Kabupaten Tuban rutin menyetorkan kulit sapi dan kambing kepadanya.

Khumaidi mengatakan bahwa puncak penyetoran kulit terjadi pada hari pertama Idul Adha, Senin kemarin. Meskipun ada penyetoran kulit pada hari Selasa, jumlahnya tidak sebanyak hari sebelumnya.

“Kemarin itu saya mendapatkan kulit kambing sebanyak 4.000 lembar, sedangkan kulit sapi sekitar 10 ton,” ujar Khumaidi, pada Selasa (18/06/2024).

Namun, ia mengungkapkan bahwa Hari Raya Kurban tahun ini mengalami penurunan dalam jumlah penyetoran kulit sapi dan kambing dibandingkan tahun lalu.

“Lebaran Kurban tahun ini tidak seramai tahun kemarin. Tahun lalu mencapai lebih dari 5.000 lembar kulit kurban, tapi sekarang hanya mendapatkan 4.000 lembar,” jelas Khumaidi.

Khumaidi juga menjelaskan bahwa harga kulit yang dibanderol untuk kulit sapi dan kambing bervariasi. Kulit kambing dihargai Rp 20.000 per lembar, sedangkan kulit sapi dibanderol Rp 7.000 per kilogram.

Khumaidi mengaku bahwa seluruh kulit kambing dan sapi yang disetor dan dibelinya tidak digunakan untuk keperluan pribadi. Kulit tersebut disetorkan ke pabrik tekstil di Surabaya untuk dijadikan bahan dasar tas, sabuk, sepatu, hingga jaket kulit.

“Kalau hari biasa, bukan Idul Adha, saya hanya dapat menyetorkan sekitar 25 lembar kulit. Kulitnya saya setor ke pabrik di Surabaya, biasanya digunakan sebagai bahan tas, sepatu, jaket, dan lain-lain,” tutupnya. (fah/zum)

/