Nganget, Berwisata Juga Terapi

2192
Pengunjung saat menikmati air hangat di Nganget.

kabatuban.com – Wisata alam pemandian air hangat, Nganget, di Desa Sidorejo, Kecamatan Kenduruan, Kabupaten Tuban, menjadi alternatif wisata alam sekaligus terapi. Banyak warga meyakini, kandungan mineral belerang dalam air hangat disumber Nganget dapat mengobati berbagai gangguan kesehatan, seperti sakit punggung, pegal hingga asam urat.

“Pegal-pegal, asam urat dan gatal-gatal di kulit bisa hilang dengan berendam disini,” ujar salah satu pengunjung, Heri, warga Karangsari, Kecamatan Tuban.

Menurut Heri, yang datang bersama anak dan istrinya, keluhan sakit akibat rematik maupun sakit punggungnya sedikit reda setelah berendam sekitar 10 sampai 15 menit, di dalam kolam air hangat Nganget.

“Saya ini sopir truk Surabaya-Jakarta, keluhan sakit pinggang sampai pungung kadang muncul, saya biasanya dua minggu sekali kesini sama anak-anak, terapi betul ini mas,” kata Heri, menjelaskan sambil berendam.

Saat kabartuban.com mendatangi lokasi yang tepatnya berada di petak 33a RPH Kejuron, BKPH Bangilan, KPH Jatirogo, hujan deras turun dikawasan perhutani tersebut. Namun puluhan warga nampak tidak beranjak dari kolam yang berbentuk lingkaran, sambil terus berendam, maupun hanya merendam kaki mereka dari bibir kolam.

Seakan tidak menghiraukan derasnya hujan, pengunjung nampak bercengkrama sambil menikmati hangatnya air dari sumber mata air panas di Nganget.

“Ini tidak ada yang pergi. Ini hangat, air hujan gak terasa dingin,” terang warga lain Imran, asal Kabupaten Pati, Jawa Tengah.

Untuk menikmati hangatnya sumber mata air Nganget, setiap pengunjung hanya dikenakan biaya tiket masuk sebesar Rp6.000 dan parkir kendaraan Rp5.000. (Luk)

/