Peluang Agrobisnis Menjadi Bidikan Pengusaha Muda

1009
foto ilustrasi ; blog.umy.ac.id

kabartuban.com – Sebagian kalangan pemuda di Kabupaten Tuban tampaknya mulai banyak yang sadar peluang besar bisnis di sektor agro. Hal ini dibuktikan dengan mulai bermunculan komunitas pemuda tani dan kelompok – kelompok agrobisnis.  Meskipun tidak banyak didukung oleh pemerintah, satu persatu dari mereka mulai menekuni usaha di bidang pertanian hingga peternakan.

Sekretaris Agro Rangga Jaya (Araya), Muhajirin mengatakan, “Peluang bisnis pertanian itu tidak ada habisnya. Tinggal kita mau menekuninya apa tidak, butuh telaten dan kesabaran untuk sukses dalam bisnis tersebut,” kata pemuda yang akrab disapa Jirin tersebut.

Lebih lanjut Jirin mengatakan, “Supaya semangat dalam memulai dan mengembangkan Agro Bisnis, makanya kami membentuk komunitas Agro Rangga Jaya ini. Kami punya sejumlah produk dan sejumlah usaha yang sedang kami jalankan. Semoga dapat memotivasi teman – teman muda yang lain,” lanjut Jirin.

Masih menurut Jirin, peluang yang dapat dibaca dan sedang dikembangkan diantaranya, peningkatan produksi beras organik, produk beras kemasan, produksi tanam pepaya calina, produksi sayur kemasan, peternakan ayam pejantan, ayam joper (jowo super), peternakan kambing, dan produksi agro lain sesuai dengan kondisi geografis anggota.

“Semua itu sedang kami kembangkan. Kami membagi sesuai bidang dan kondisi masing – masing anggota. Kami yakin, menekuni bisnis agro pasti akan membuahkan hasil yang baik, ” kata Jirin saat ditemui kabartuban.com, Rabu (18/11/2015).

Sementara itu, Sekretaris Badan Pelaksana Penyuluhan dan Ketahanan Pangan (BPPKP) Kabupaten Tuban, Sofan Djamil mengatakan, peluang bisnis agro memang sangat luar biasa di Tuban. Kita punya Sumber Daya Alam (SDA) yang cukup untuk menjadi sentra produksi hasil tanam. Namun hal itu tidak akan maksimal jika Sumber Daya Manusia (SDM)  tidak di-upgrade juga.

“SDM dan Teknologi pertanian itu sangat penting. Oleh karenanya, kita menjembatani hasil kajian dan penelitian untuk disampaikan kepada petani dengan bahasa mereka. Dengan langkah ini, sementara hasilnya cukup bagus,” ungkapnya.

Menurutnya, dengan berbagai upaya, Pemerintah Kabupaten Tuban akan terus mendorong dan menumbuhkembangkan sektor pertanian dan agro bisnis di Bumi Tuban. “Regenerasi petani di Tuban juga sudah lumayan, banyak anak muda yang mulai sadar besarnya peluang usaha pertanian,” pungkas Jamil. (riz/im)

/