Pemdes Gesikharjo Beri Bantuan Korban Keracunan 

312
Salah satu balita yang diduga keracunan karena dampak setelah makanan dari kegiatan Posyandu di Desa Gesikharjo Palang Tuban.

kabartuban.com – Seluruh Korban keracunan makanan saat kegiatan Posyandu di Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang Tuban, baik yang RSUD dr.R. Koesma Kabupaten Tuban, dan RS Medika Mulia serta Puskesmas Palang, sudah diperbolehkan kembali kerumah, karena kondisi kesehatan parakorban sudah mulai membaik.

“Data terakhir, semua korban keracunan yang sempat dirawat di RSUD Tuban sudah dipulangkan,” ujar Direktur RSUD dr. R Koesma Tuban. dr. H. Saiful Hadi  kepada wartawan, saat dihubungi lewat saluran telpon, Jum’at (16/3/2018).

Lebih lanjut diterangkan, di rumah sakit mili pemerintah tersebut, ada 18 pasien dan keseluruhan mendapatkan perawatan intensif. Rinciannya, lanjut dia sebanyak 17 balita di dalamnya dan satu orang dewasa.

Sementara itu, Plt Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, dr. Endah Nurul Komariyati saat dikonfirmasi mengatakan sampai saat ini dari pihak Dinkes masih mengontrol perkembangan kesehatan para korban.

Kedepan pihkanya akan meminta PKK dalam pembekalan kader ada pemberian materi wajib yakni Higiene dan Sanitasi, supaya dalam menghidangkan makanan bisa lebih baik, dan kejadain seminggu kemarin bisa menjadi pelajaran bersama.

“Kita menginginkan ke depan PKK untuk memberikan materi wajib untuk Higiene dan Sanitasi,” tambah Plt Kadinkes Tuban.

Ditempatv terpisah, Sugiharto perangkat Desa Gesikharjo, Kecamatan Palang, saat dikonfirmasi kalau pihak desa memberikan kompensasi berupa uang tunai, sebagai ganti rugi atas peristiwa yang terjadi seminggu kemarin.

“Pemerintah Desa memberikan kompensasi, ya sebagai ganti lelah kepada para korban, sebesar Rp.300 ribu perkorban, ” kata Sugiharto.

Pemberian kompensasi dari Pemerintah Desa Gesikharjo itu di benarkan oleh Muslikan, salah satu keluarga korban keracunan.

“Benar mas, kita mendapatkan kompensasi dari desa,”  terangnya.

Diberitakan sebelumnya, puluhan balita mengalami keracunan makanan ketika acara kegiatan rutin Posyandu di Desa Gesikharjo Kecamatan Palang Kabupaten Tuban. (Dur) 

/