PEMKAB Tuban dan Semen Gresik Saling Klaim Gapura Masuk Kota

631
2 Tubuh Gapuro, satu berlogo SG yang satu tanpa logo

kabartuban.com – Kamis (19/4), kabartuban.com berkomunikasi dengan Humas PT. Semen Gresik, Tbk Bapak Faf Adi Syamsul (Faf). Komunikasi melalui celuler ini terkait dengan gonjang – gonjing masyarakat Kabupaten Tuban yang tidak pernah berhenti membicarakan seputar Corporate Social Responsibility (CSR) PT. Semen Gresik selama berdiri kokoh di bumi Ronggolawe.

Dalam keterangannya, Faf mengatakan bahwa sudah banyak yang telah diperbuat PT. Semen Gresik di Tuban. Pembangunan beberapa infrastruktur juga tampak jelas, khusunya di ring 1 (satu). Lebih lanjut Faf menyampaikan, “Termasuk yang dibangun PT. Semen Gresik di Tuban adalah Gapura masuk kota di sebelah barat masuk dari arah bancar dan disebelah timur dari arah widang. Keduanya itu dari kita yang membangun”. “Itu semua dibangun dengan dana CSR Semen Gresik mas”, tuturnya.

Namun ketika kabartuban.com mengkonfirmasikan ini kepada Humas Pemerintah Kabupaten (PEMKAB) Tuban, Joni Martoyo selaku Humas PEMKAB Tuban membantah mentah pernyataan Faf Adi Syamsul. Kepada kabartuban.com Joni mengatakan, “Yang disampaikan Pak Faf itu keliru mas, yang dibangun oleh PTSG itu hanya yang disebelah barat (Jenu)”.” Tapi yang disebelah timur (dari arah widang) itu murni dari APBD. Sampeyan lihat saja, di sana ada tulisannya”, tegas Joni.

Menyikapi pernyataan yang berbeda ini, kabartuban.com mencoba menelusuri fakta di lapangan. Dari pengamatan kabartuban.com, logo PTSG memang hanya ada di gapuro masuk yang di sebelah barat. Mengenai data pembangunan dan dokumen laporan pembangunan, belum ada data yang jelas mengenai hal itu.

Tidak pasti apa yang menyebabkab perbedaan persepsi ini timbul. Pihak PTSG dan PEMKAB Tuban mengeluarkan pernyataan yang berbeda. Seperti beberapa waktu yang lalu, ketika salah satu wartawan kabartuban.com menghubungi Faiq Niyazi yang juga merupakan Humas PT. Semen Gresik. Dalam pernyataannya Faiq menyampaikan bahwa Patung Letda Sucipto dan taman kota di Tuban dibangun dengan dana CSR Semen Gresik, Hal tersebut juga dibantah mentah oleh Joni Martoyo pada hari itu ketika dikonfirmasi kabartuban.com

Sampai hari belum ada benang merah yang jelas tentang adanya tumpang tindih informasi realisasi CSR PTSG di Kabupaten Tuban, karena keduanya baik dari pihak PEMKAB maupun PTSG tidak memberikan data pasti tentang realisasi program wajib tersebut. (iim)