Polres Tuban Kembali Gelar Simulasi Teror Bom

545

kabartuban.com – Polres Tuban kembali menggelar simulasi teror bom di pusat kota alun-alun Kabupaten Tuban Kamis (21/1/2016), setelah kemarin juga sempat mengadakan simulasi yang sama di lokasi berbeda, yakni di Markas Komando (Mako) Polres Tuban yang terletak di jalan Dr. Wahidin.

Selaras dengan simulasi teror bom yang diadakan di Mako Polres Tuban sebelumnya, simulasi teror bom di alun-alun Tuban juga bertujuan memberikan pengarahan dan pelatihan kepada para anggota polisi agar tidak gagap dan panik ketika benar-benar terjadi teror bom.

Simulasi tersebut, dimulai dengan kedatangan puluhan anggota polisi ke alun-alun kota Tuban, tepatnya di depan Pendopo Krido Manunggal Tuban dengan mengendarai motor. Puluhan anggota polisi tersebut bersenjatakan laras panjang dan memakai pengaman rompi anti peluru.

Selang kemudian sejumlah anggota polisi yang lain tampak memasang batas police line (garis polisi) untuk mengamankan daerah terduga terdapat bom. Selain itu, jalan RM Suryo juga disterilkan dan warga dilarang melintas di sekitar jalan tersebut.

Selanjutnya , tampak juga anggota polisi menghimbau para warga yang ada di sekitar alun-alun untuk menjauh dari alun-alun. “”Maaf bapak-bapak, ibu-ibu, dan saudara-saudara kami himbau untuk tidak mendekat setempat ini,” kata anggota polisi dengan pengeras suara.

Simulasi yang diadakan Polres Tuban tersebut sempat membuat panik warga disekitar alun-alun yang tidak tahu adanya simulasi tersebut. ”Saya tadi kaget dan panik di Alun-alun Tuban banyak polisi dan ada garis polisinya juga sepertinya ada bom,” kata Tutik salah satu warga yang kebetulan berada di sekitar alun-alun Tuban.

Sementara itu, Kasubag Humas Polres Tuban, AKP Elis Suindayati mengatakan, kegiatan polisi di Alun-alun Tuban tersebut merupakan simulasi jika terjadi ancaman bom. Sehingga, petugas kepolisian tidak gagap serta faham dengan tugas dan fungsinya masing-masing jika benar-benar ada ancaman bom.

”Simulasi ini kita lakukan yang kedua kalinya. Kemarin kita juga lakukan simulasi di Mako Polres Tuban. Dengan kesiapan petugas ini kita berharap dapat memberikan rasa aman dan nyaman kepada masyarakat Tuban,” pungkasnya. (al/riz)

/