Pondok Pesantren Untuk Mahasiswa Tuban Fokus Tingkatkan SDM Siap Guna

77
Santri Pondok Saladin

kabartuban.com – Salah satu Pesantren di Tuban mengembangkan diri untuk menjadi pusat peningkatan Sumber Daya Manusia (SDM) untuk Mahasiswa. Pondok Pesantren Intelektual Mahasiswa Diniyah (Pondok Saladin) didirikan untuk mengoptimalisasi kualitas SDM Mahasiswa sehingga dapat menjadi pribadi yang siap guna di tengah masyarakat setelah menyelesaikan studi akademiknya. Pesantren yang baru berdiri ini memberikan pendidikan taktis dan strategis kepada mahasiswa di luar kelas kuliah.

Ketua Pondok Saladin, Hamdan mengatakan bahwa dirinya dan semua santri di Pondok Saladin memiliki latar belakang jurusan yang berbeda-beda. Dengan banyaknya perbedaan jurusan kuliah santri Pondok Saladin justru membuat saling sharing pengalaman antar santri.

“Kami kuliah beda-beda, beda kampusnya juga beda jurusannya. Di sini bisa saling sharing ilmu dan pengalaman, ditambah program Pondok yang memang konsen dalam memberikan ilmu penunjang kegiatan akademik mahasiswa, seperti ilmu menulis, riset, sampai pendampingan tugas akhir,” kata Hamdan saat diwawancara, Jum’at (23/02/2024).

Sementara itu, salah satu santri Pondok Saladin Ubaidilah mengatakan, sejak dirinya berada di Pondok Saladin, banyak hal yang didapatkan mulai ilmu dan pengalaman yang berbeda dari Pondok sebelumnya dia tinggal. Ubaidillah mengaku mendapatkan banyak hal baru dan terus belajar.

“Saya dulu dari Pondok di Bangilan waktu sekolah Aliyah, sekarang di Pondok Saladin ini ya beda, di sini mahasiswa semua. Beda mulai kurikulum belajar Madrasah Diniyahnya sampai cara pengasuh menyikapi kami sebagai santri juga beda dengan Pondok untuk anak sekolah,” kata Ubaidillah.

Lebih lanjut Ubaidillah mengatakan, Pondok Saladin memberikan ilmu keagamaan yang lebih mengarah pada optimalisasi dan implementasi keilmuan tersebut. Selain ilmu agama, di Pondok Saladin juga diberikan ilmu penunjang kegiatan akademik seperti keterampilan menulis, program bahasa inggris, jurnalistik, ilmu komputer terapan, teknik informatika, public speaking, hingga tahfidz qur’an.

Di Pondok Saladin, Mahasiswa bisa mondok sembari menyelesaikan Pendidikan Tinggi di Kota Tuban. Bahkan bagi Mahasiswa yang tinggal di luar Pondok juga bisa mengikuti program Madrasah Diniyah Mahasiswa Pondok Saladin. Pondok Saladin baru dirintis dalam waktu 4 bulan dan bertempat di Perumahan Cemoro Sewu Blok C No 4 Sukolilo Tuban. (fah/zum)

/