Rencanakan Desa Agrowisata

768
Warga Desa Sugihan usai menanam pohon buah Klengkeng di lokasi bekas tambang PT Semen Gresik.

kabartuban.com- Garap potensi lahan bekas tambang, Waga Desa Sugihan, Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban,  saat ini mulai kembangkan kebun buah Klengkeng dan sudah tertanam ratusan pohon buah Klengkeng diatas lahan seluas 25 hektar.

“Pohon klengkeng seluas 25 hektar sudah kita tanam, lokasinya di bekas tambang milik PT Semen Gresik. Penanaman itu kerjasama antara perusahaan dengan pemerintahan desa,” terang, Kepala Desa (Kades) Sugihan, Warsito. (9/01)

Zito panggilan akrab Kades Sugihan ini, mejelaskan tanaman Klengkeng yang ditanam watrganya belum genap satu bulan tersebut dapat tumbuh dengan baik. Jika hal itu sukses, bukan tidak mungkin dapat digunakan sebagai lokasi wisata buah, dan dapat menjadi pendapatan bagi desa dan masyarakat sekitar dari efek domino pengunjung wisata ke desa.

“Kita berharap buah klengkeng ini dapat tumbuh dengan baik, kita akan turut mengawasi dan merawat pohon klengkeng ini, “ katanya.

Zito berharap, pemerintah juga mendukung rencana desa ini agar Desa Sugihan mampu menjadi Desa Agrowisata, seperti Desa Tasikmadu di Kecamatan Palang, yang terkenal dengan buah blimbing madunya. (Luk)

/