SBI Gandeng Dinas Kesehatan P2KB Tuban Gelar Pelatihan Guna Cegah Stunting

kabartuban.com — PT Solusi Bangun Indonesia Tbk (SBI) menjalin kerjasama dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban mengadakan pelatihan pemanfaatan makanan lokal untuk mencegah stunting. Kegiatan ini dilakukan sebagai pemenuhan kebutuhan gizi yang merupakan salah satu prasyarat dalam mewujudkan generasi masa depan yang berkelanjutan.

Pelatihan yang diikuti oleh 120 kader kesehatan Posyandu Integrasi Layanan Primer (ILP) dari enam Desa di tiga Kecamatan sekitar pabrik SBI Tuban ini telah dimulai pada tanggal 1 Oktober dan akan terus berlangsung hingga tanggal 3 Oktober 2024 dengan bertempat di Rumah Kreatif Tuwuh Mendhiri.

Dalam kesempatan itu, Esti Surahmi selaku Kepala Dinas Kesehatan dan P2KB Kabupaten Tuban berterima kasih kepada kader kesehatan yang ada atas dedikasinya dalam mewujudkan juga membangun masyarakat sehat melalui kegiatan Posyandu.

“Melalui Posyandu, pencegahan stunting bisa diwujudkan melalui penerapan pola hidup dan makanan sehat sebagai kunci utama mencegah stunting. Pelatihan ini pun diadakan untuk membekali para kader agar ada peningkatan wawasan dan lebih terampil,” ucapnya.

Angka stunting di Kabupaten Tuban sendiri terus mengalami penurunan dari Tahun 2022 yang mencapai angka 24,9%, pada tahun 2023 turun menjadi 17,8%. Sedangkan di sisi lain angka rata-rata stunting di provinsi Jawa Timur tahun 2023 ada pada angka 17,7%.

Turut angkat bicara, perwakilan dari SBI, M. Yunani Rizzal, General Affairs & Community Relations Manager SBI Pabrik Tuban dengan percaya diri menyatakan bahwa pelatihan mengolah makanan lokal menjadi makanan sehat dan bergizi ini apabila diterapkan dapat membantu menyukseskan dalam penurunan angka stunting di Kabupaten Tuban.

“Kami sangat mendukung program pencegahan stunting agar target penurunan persentase satu digit angka stunting bisa dicapai,” ungkapnya dengan tegas.

Enam Desa di Kabupaten Tuban yang mengikutsertakan kader kesehatan Posyandu untuk memeriahkan pelatihan ini diantaranya adalah Desa Karangasem, Glondonggede, Kedungrejo, Mliwang, Merkawang dan Sawir. Latihan ini sendiri merupakan kerjasama dari SBI Pabrik Tuban yang merupakan anak usaha dari SIG dengan Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban melalui Puskesmas Jenu, Tambakboyo dan Gaji.

Di dalam pelatihan pemanfaatan makanan lokal ini juga diberikan materi berupa pengetahuan konsumsi makanan ibu hamil, gangguan gizi masa janin, masalah gizi pada masa bayi, penanganan gizi sejak 1000 hari pertama kehidupan, keamanan pangan, resep sehat agar anak makan lahap, juga pembuatan resep makanan sehat bergizi berbasis bahan lokal. (za)

Populer Minggu Ini

HUT TNI ke-79, Dandim 0811/Tuban Utamakan Kepentingan Rakyat

kabartuban.com -- Dalam acara Peringatan Hari Ulang Tahun (HUT)...

OJK Jatim Ungkap Stabilitas Sektor Jasa Keuangan di Wilayahnya

kabartuban.com -- Otoritas Jasa Keuangan Provinsi Jawa Timur (OJK...

Kemenkop UKM Tunjuk PT Surveyor Indonesia Lakukan Verifikasi Lapangan

kabartuban.com -- Sebagai anggota Holding Badan Usaha Milik Negara...

Prakiraan Cuaca Kabupaten Tuban Minggu, 6 Oktober 2024

kabartuban.com -- Pada akhir pekan setelah hari yang penuh...

Hari Jadi ke-731, Pemkab Tuban Selenggarakan Pagelaran Wayang Kulit

kabartuban.com -- Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tuban menggelar Pagelaran Wayang...
spot_img

Artikel Terkait