Selain Buahnya yang Enak, Pelepah Pisang Juga Punya Nilai Ekonomis Loh

50

kabartuban.com – Siapa sangka batang pohon pisang yang dikira sampah kini bisa menghasilkan rupiah. Batang pohon pisang ini bisa dijadikan keripik yang sangat lezat dan diberi  nama keripik gedebog.Dilansir dari Bola.com dan blogspot.com

Berikut cara memproduksi kripik gedebog dengan baikan benar:

Bahan-bahan yang di butuhkan

  • Tepung beras 5 takar tapioka 2 takar (untuk bahan tepung campuran 5:1) untuk takaran 5 sendok sayur
  • 5 centong tepung beras
  • 2 centong tapioka
  • 1 sdt bawang putih bubuk ( garlic )
  • 1 bks penyedap ayam

Cara pembuatan

  1. Cuci bersih pelepah pisang, potong-potong ukuran sesuai selera, lalu iris tipis-tipis, rendam air garam.
  2. Masukkan ke adonan tepung tadi satu per satu balurkan tepung.
  3. Cara menggorengnya gunakan api sedang dan minyak harus benar-benar panas.
  4. Sajikan.

Tak hanya dapat diolah menjadi keripik saja, batang pohon pisang juga  memiliki banyak manfaat bagi kehidupan manusia mulai dari buahnya , daunnya, jantungnya dan batang nya.

Selain dapat diolah menjadi keripik kedebog pohon pisang juga dapat digunakan untuk kesehatan tubuh manusia.

Pohon pisang akan berkembang dan tumbuh dengan baik apabila mudah terkena sinar matahari. Meski mudah tumbuh, keberadaan pohon pisang sering dianggap sebelah mata dan belum ada pemanfaatannya secara maksimal.

Berikut adalah manfaat pohon pisang bagi kesehatan tubuh:

  1. Mengatur Tekanan Darah

Bagi seseorang yang memiliki riwayat tekanan darah yang tidak stabil, baik rendah ataupun tinggi, pohon pisang bisa menjadi solusinya. Meminum jus yang terbuat dari inti pohon pisang yang lembut dipercaya membantu mengurangi dan mengatur tekanan darah.

Batang pohon pisang juga dipercaya ampuh mengontrol tekanan darah tinggi maupun kadar kolesterol. Hal itu karena di dalam batang pisang terdapat kandungan kalium.

  1. Sembuhkan Anemia

Jus yang terbuat dari pohon pisang kaya akan zat besi dan vitamin B6 yang berguna untuk meningkatkan kandungan hemoglobin dalam darah. Kandungan tersebut membuat jus batang pisang jadi bagian penting sebagai makanan untuk penderita anemia.

  1. Bersihkan Saluran Kemih

Pohon pisang disebut bisa membersihkan saluran kemih. Jus batang pisang bersifat diuretik sehingga mampu menghilangkan racun dan membersihkan saluran kemih. Minum jus batang pisang setidaknya tiga kali seminggu dapat mencegah infeksi saluran kemih.

  1. Obati Diabetes

Penyakit diabetes seringkali menjadi ancaman bagi banyak orang, khususnya yang memiliki riwayat hidup yang kurang teratur.

Manfaat pohon pisang, khususnya jus batang pisang, dapat mengatur tingkat insulin dalam tubuh, hal itu baik untuk mengobati diabetes. Kandungan serat yang ada dalam batang pisang mampu mencegah kadar gula darah naik.

  1. Kontrol Berat Badan

Pohon pisang diketahui dapat mengontrol berat badan. Konsumsi jus pohon pisang secara teratur untuk membantu mengontrol berat badan.

Hal ini juga yang memfasilitasi pergerakan usus dan menjaga perut tetap sehat. Seratnya akan memperlambat pelepasan gula dan lemak ke dalam aliran darah, serta membantu menghilangkan lemak dari tubuh.

  1. Bakar Lemak di Perut

Menambahkan beberapa goresan jahe ke dalam jus batang pisang dapat membantu membakar lemak perut yang membandel. Kombinasi kandungannya membantu meningkatkan pencernaan dan metabolisme.

  1. Atasi Asam Lambung

Pohon pisang atau gedebok pisang yang dibuat jus bermanfaat untuk mengatasi sakit lambung. Ramuan alami ini ampuh mengendalikan kadar asam dalam tubuh. Minum jus ini untuk perut perih atau panas akibat gangguan asam lambung.

  1. Bersihkan Darah Kotor

Darah kotor merupakan pemicu atau bisa menyebabkan banyak penyakit. Tak sedikit gangguan kesehatan, seperti alergi kulit, jerawat, maupun gatal-gatal pada kulit disebabkan darah kotor.

Untuk mengatasinya, cobalah membuat jus dari gedebok dengan ditambahkan madu. Batang pisang mengandung mineral penting yang ampuh untuk membersihkan darah kotor. (nat/dil)