Sigap Bencana Pemerintah Gelar Apel

350

kabartuban.com – Untuk meminimalisir dan tanggap bencana, tim reaksi cepat pemerintah Kabupaten Tuban, mengelar apel kesigapan menghadapi bencana alam di Alun-alun Tuban. Senin (15/12/14).

Sebanyak 600 personil turut andil, dalam apel gelar pasukan tim reaksi cepat penanggulangan bencana alam. Selain dari unsur BPBD, TNI, Polri, Satpol PP, PMK, PMI, turut serta diikuti sejumlah perusahaan yang berada di Tuban, yakni Semen Indonesia, Holcim, JOB PPEJ, serta beberapa perusahaan yang lain.

“Apel gelar pasukan ini, sebagai persiapan bila sewaktu-waktu terjadi bencana alam di Tuban” ujar Kepala Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Tuban, Joko Ludiono saat ditemui awak media usai kegiatan tersebut.

“Ada 600 personil yang turut serta dalam gelar pasukan dari berbagai instansi, selain itu ada sekitar 100 unit kendaraan, seperti truk, mobil pick up, ambulan, ada beberapa motor dan kendaraan jenis lainnya”.

Lebih lanjut mantan camat Grabakan tersebut, memaparkan, apel gelar pasukan tim reaksi cepat kali ini bertujuan untuk membangun koordinasi serta komunikasi, terkait tugas dari masing-masing tim, agar nantinya tidak terjadi tumpang tindih tugas dan pekerjaan antar tim, apabila terjadi bencana alam.

“Jika terjadi bencana alam, masing-masing tim telah memahami tugasnya, misalnya, tugas TNI dan Polri mengevakuasi korban, BPBD menyiapkan tenda darurat dan berbagai tugas lainnya”Pungkas Joko. (Pul)