Sukses Lebarkan Senyum Petani, Desa ini Terus Kembangkan Potensi Manfaatkan Program CSR SI

4
Tinjau sejumlah sumur bor di beberapa titik di Desa Sumberarum

kabartuban.com- Sejumlah sumur bor bersistem sibel tenaga listrik nampak berada di beberapa titik di Desa Sumberarum, Kecamatan Kerek, Kabupaten Tuban. Sumur-sumur dengan logo khas produsen semen milik pemerintah itu, rupanya adalah bagian dari program pemberdayaan desa yang diberikan PT Semen Indonesia (Persero) Tbk, Pabrik Tuban, Kepada pemerintah desa untuk mendukung pengembangan potensi serta membangun ekonomi masyarakat sekitar.

“Sumur bor yang ada di beberapa titik di desa kami merupakan program yang diberikan semen Indonesia kepada kami, atas usulan dari masyarakat dan pemerintah desa melalui forum masyarakat kokoh yang menjadi kepanjangan tangan perusahaan di desa,” ujar Kepala Desa Sumberarum Narto, Saat ditemui di kantor Desa Sumberarum, Rabu (23/02/2022).

Dia menjelaskan, program pemberdayaan yang diberikan Semen Indonesia sejak beberapa tahun terakhir sengaja diwujudkan dalam bentuk sumur irigasi terpadu dibawah pengelolaan badan usana milik desa. Program itu diharapkan menjadi daya dukung pertanian masyarakat di Desa Sumberarum yang sebagian besar bermata pencaharian sebagai petani tadah hujan.

“Masyarakat petani didesa kami sekarang dapat tersenyum lebar, karena mereka dapat bercocok tanam dan panen hingga tiga kali dalam satu tahun, dengan hasil cukup baik karena didukung dengan pengairan yang cukup,” Lanjut Narto.

Menurut Narto, sebelum dibuat sumur-sumur irigasi didesanya, sebagian besar masyarakat hanya mampu bercocok tanam dan memanen hasil pertanianya maksimal dua kali, itupun dengan hasil panen kedua yang kurang maksimal karena hanya mengandalkan air hujan sebagai sumber air irigasi.

“Alhamdulillah manfaatnya yang dirasakan petani sangat besar, kenapa saya bilang sekarang petani dapat tersenyum lebar,” tandasnya.

Tidak hanya program irigasi terpadu, untuk terus mengembangkan potensi desa sebagai penunjang pendapatan asli desa dan terus menggerakan ekonomi masyarakat, Desa Sumberarum juga terus mengembangkan usaaha yang didukung program Corporate Social Responcibility (CSR) yang diberikan Semen Indonesia.

“Program bantuan untuk 2021 juga kami wujudkan dalam bentuk pembangunan gedung pertemuan, tentu saja ini akan menambah PA Desa yang dapat digunakan untuk membangun desa kedepanya,” kata Narto.

Senada denga kepala desa, Direktur Bumdes, Sumber Sejahtera, Desa Sumberarum, Doyo, mengatakan, jika program CSR Semen Indonesia selanjutnya akan dirupakan bangunan gedung pertemuan. Lokasinya pun strategis bersebelahan dengan kolam renang dan area pemancingan Sumberarum Park.

“Gedung pertemuan ini akan menjawab kebutuhan masyarakat yang kesulitan tempat saat menggelar kegiatan, seperti hajatan pernikahan dan lainnya,” kata Doyo.

Sementara itu, Community Development Officer, Semen Indonesia Pabrik Tuban, Siswanto mengatakan, Semen Indonesia pada tahun 2021 telah menggelontorkan anggaran untuk pemberdayaan masyarakat didesa sekitar perusahaan kurang lebih hingga 7 Milyar.  Jumlah tersebut tersebar di tiga kecamatan dan 26 desa yang merupakan wilayah pengembangan perusahaan, dengan jumlah program pemberdayaan mencaapai 143 program.

“Perusahaan berharap program ini berkelanjutan serta memberikan manfaat nyata bagi peningkatan ekonomi masyarakat di Kabupaten Tuban,  dan yang paling penting adanya perusahaan dapat bermanfaat bagi masyarakat sekitar,” Kata Siswanto.Dil/Hin

 

 

/