Tahun Monyet Api, Kwan Sing Bio Siap ‘Meramal’ Anda

539

kabartuban.com – Tinggal menghitung hari, tahun 2015 akan berlalu dan masa akan memasuki hitungan tahun 2016 dalam kalender Masehi. Kendati setiap kelompok masyarakat di dunia ini punya perhitungan tahun masing – masing, namun perhitungan tahun Masehi masih menjadi perhitungan utama di sebagian besar belahan dunia. Banyak kalangan kemudian menjadikan waktu pergantian tahun sebagai momen yang istimewa, mulai berkumpul dengan keluarga, mengunjungi destinasi wisata, hingga menggelar sejumlah pesta.

Tempat Ibadah Tri Darma (TITD) Kwan Sing Bio di Jl. RE. Martadinata Kota Tuban menjadi salah tempat di dunia, yang menjadi tujuan wisata para traveler di Indonesia maupun manca negara. Meskipun tidak mempersiapkan ritual dan acara khusus menyambut tahun baru masehi, tempat peribadatan Tri Darma seluas 4 hektare tersebut selalu dipadati pengunjung dari sejumlah daerah, khususnya dari etnis Tiong Hua.

“Tidak ada acara maupun persiapan khusus dalam pergantian tahun 2016 nanti. Karena kalau yang di sini (Kwan Sing Bio) itu yang dirayakan perhitungan tahun baru Imlek. Tapi kami tetap selalu siap untuk memberikan pelayanan yang baik bagi para pengunjung pada liburan tahun baru ini,” kata Gunawan, Ketua Harian TITD Kwan Sing Bio, Minggu (27/12/2015).

Menurutnya, setiap pengunjung akan mendapatkan pelayanan yang baik dan jika mau, bisa meramalkan nasib atau keberuntungannya di tahun 2016 yang secara secara hitungan imlek termasuk tahun Monyet Api.

Berdasarkan data yang dihimpun kabartuban.com menyebutkan, tahun 2016 disebut tahun Monyet Api, bersamaan dengan perhitungan tahun Imlek mulai tanggal 8 Pebruari 2016 sampai dengan tanggal 27 Januari 2017.

Sementara itu, salah satu pengunjung TITD Kwan Sing Bio mengatakan, penghujung tahun 2015 ini sangat istimewa. Sebelum penutupan tahun, pada tanggal 24 Desember kemarin umat Islam merayakan Maulid Nabi dan keesokan harinya tanggal 25 Desember umat Kristiani merayakan Hari Raya Natal.

“Setelah Maulid dan Natal, selanjutnya seluruh masyarakat akan merayakan tahun baru 2016, tentunya ini sangat luar biasa. Kita harus semangat dan menyambut tahun baru dengan penuh harapan baru, dan semoga bangsa ini menjadi semakin rukun dan sentosa,” ungkap Hariyadi, salah satu pengunjung yang mengaku dari Semarang Jawa Tengah.

Hariyadi menambahkan, tahun 2016 yang masuk dalam kategori tahun Monyet Api bisa menjadi spirit tersendiri. Menurutnya, api membawa energi yang besar pada 2016. Shio Monyet Api memberikan energi kesuksesan yang cukup besar, sehigga 2016 merupakan tahun yang baik untuk memulai atau mengembangkan bisnis. (im/riz) 

/