Tampil Beda, Finalis Cung Ndhuk Tuban Laksanakan Grand Final di Alun-Alun

322
20 Finalis Cung Ndhuk Tuban berfoto bersama

kabartuban.com – Ajang pencarian Duta Wisata Kabupaten Tuban atau biasa disebut dengan Cung Ndhuk telah dilaksanakan. Para peserta telah melewati proses yang panjang hingga akhirnya tersisa sebanyak 20 finalis calon Cung dan Ndhuk Tuban.

Dikonfirmasi oleh Reporter kabartuban.com, Kepala Dinas Kebudayaan, Pemuda dan Olahraga, serta Pariwisata (Disbudporapar) Tuban M. Emawan Putra mengatakan, bahwa pendaftaran telah dimulai sejak Bulan Juni hingga Juli 2022 lalu, dan terkonfirmasi pendaftar sebanyak 120 orang, Selasa (26/27/2022).

Selanjutnya audisi Cung dan Ndhuk tersebut dilakukan seleksi administrasi dan kesesuaian persyaratan pada Senin, (04/07/2022) lalu, dengan jumlah peserta menjadi 50 orang.

Pada tahap kedua para peserta audisi Cung Ndhuk melewati serangkaian proses yang panjang, hingga pada Selasa, (12/07/2022) terpilihlah 20 orang finalis yang masing-masing 10 Cung dan 10 Ndhuk.

10 fInalis Cung di Tuban berfoto bersama

“Di tahap ketiga ini mereka dilakukan karantina dan pembekalan juga penguatan karakter dan wawasan, selanjutnya dilakukan deep interview di tanggal 19-21 Juli lalu. Seelanjutnya di tahap nanti akan ada Grand Final pada tanggal 27 Juli tepatnya malam besok,” terangnya.

Sapaan akrab Wawan ini juga membeberkan bahwa, para peserta yang mengikuti ajang Cung Ndhuk 2022 ini tersebar di wilayah Rengel, Tambakboyo, Bancar, Palang, Semanding, Tuban dan Jatirogo.

Baca Juga: Diduga Alami Beban Mental Usai Ditinggal Suaminya Meninggal, Ibu di Grabagan Ini Nekat Minum Racun

Jika biasanya proses pemilihan duta wisata (Grand Final) dilakukan secara tertutup, masih menurutnya karena ini merupakan permintaan dari Bupati Tuban Aditya Halindra Faridzky agar pergelaran Grand Final Cung Ndhuk 2022 digelar secara terbuka.

Berdasarkan informasi yang berhasil dihimpun oleh kabartuban.com bahwa acara Grand Final tersebut akan dilaksanakan di Alun-Alun Tuban sekitar pukul 19.00 WIB dan dapat dilihat oleh seluruh masyarakat Kabupaten Tuban.

10 Finalis Ndhuk berofoto bersama

Kepala Dinas Disbudporapar tersebut berharap agar nantinya finalis Cung Ndhuk Tuban 2022 dapat menjadi role model positif bagi generasi muda saat ini, juga dapat memperluas jejaring promosi wisata serta produk-produk unggulan Kabupaten Tuban.

“Nantinya Cung Ndhuk Kabupaten Tuban dapat mengikuti ajang kompetensi seperti Raka Raki Jawa Timur, secara nyata juga dapat membantu Pemkab Tuban untuk terus menggali potensi Kabupaten Tuban sekaligus menggecarkan promosi pariwisata,” harapnya. (hin/dil)

/