Tekan Jumlah Lakalantas, Polres Pasang Poster Mobil Petugas Parkir

1850
Kapolres dan Kasubag Humas Polres Tuban saat meninjau pemasangan mobil poster oleh petugas.

kabartuban.com- Polres Tuban, pasang mobil poster di sejumlah titik rawan kecelakaan dan rawan kendaraan berkecepatan tinggi, hal ini dilakukan guna mengantisipasi kejadian kecelakaan lalulintas selama arus mudik dan balik selama lebaran.

Terdapat empat titik yang menjadi lokasi pemasangan mobil poster itu, yakni Kecamatan Widang, Kawasan Kepet, Kecamatan Semanding, Jatipeteng, Kecamatan Jenu, dan daerah antara Kecamatan Bancar menunj Tambakboyo.

Pemasangan poster dengan ukuran dan bentuk sama menyerupai mobil patroli aslinya tersebut, dibuat agar pengemudi kendaraan tidak ngebut karena mengetahui ada mobil polisi yang terparkir berjaga dipinggir jalan.

“Yang tadinya ngebut bisa ngerem dan pelan-pelan karena ada mobil petugas dipinggir pinggir jalan,” ujar Kapokres Tuban AKBP Fadly Samad  (22/6/2017).

Memurut Kapolres, kecelakaan fatal biasanya justru terjadi saat jalan lengang, saat itu pengemudi memiliki kesempatan untuk ngebut dijalan. Faktor kelalaian menjadi pemicu utama kecelakaan, sehingga pemasangan poster mobil parkir yang nampak seperti mobil polisi itu diharapkan mampu menekan dan secara tidak langsung mengingatkan warga agar tidak ngebut.

“Kalau padat dan macet justru orang akan waspada, perangkat ini kita pasang dengan harapan mampu menekanangka kecelakaan,” katanya.

Pantaua dilapangan, mobil poster tersebut memang menyerupai mobil patroli asli yang tengah parkir menjaga lalulintas kendaraan saat dilihat dari kejauhan. Trobosan mobil poster itu sendiri baru pertama dilakukan tahun ini dan akan menjadi salah satu cara menekan angka kecelakaan lalulintas saat mudik dan balik lebaran Idul Fitri berlangsung. (Luk)

/