Tempat Wisata Paling Hits di Tuban Yang Wajib Dikunjungi Saat Liburan

81
air terjun bongok

kabartuban.com – Tuban yang merupakan salah satu kabupaten yang ada di Jawa Timur ini menyimpan sejuta pesona wisata menakjubkan yang cocok dikunjungi saat liburan. Masih banyak orang yang belum mengetahui wisata keindahan dan tempat-tempat keren yang ada di Tuban ini.

Singgah menikmati tempat wisata di Tuban adalah pilihan yang tepat karena kalian bisa menemukan tempat-tempat keren untuk berwisata mulai dari tempat religi, pantai, air terjun, goa dan masih banyak yang lainnya.

Baca juga : Pantai Semilir Gelar Festival Batik Tuban, 25 Gadis Pantai Jadi Model

Berikut tempat wisata paling hits di Tuban :

  1. Goa Akbar, pesona keindahan alam yang begitu eksotis dan memukau Nampak jelas Ketika mengunjungi Gua Akbar. Goa Akbar sendiri memiliki mulut gua berupa lubang besar berada di bawah tanah yang menjadikan wisata eksotis ini begitu unik. Terletak di Kecamatan Semanding wisata ini memiliki lokasi yang mudah dijangkau.
  2. Goa Putri Asih, keindahan ornamen dari goa berupa stalaktit yang memberi nuansa alam memang membuat siapapun pasti takjub melihatnya. Lokasi goa ini berada di Kawasan hutan Jati RPH Nguluhan, Desa Nguluhan.
  3. Goa Kancing, goa ini memiliki kedalaman sekitar 5 meter yang menjadikan goa terlihat begitu menarik. Goa Kancing berada di Desa Prunggahan Kulon Kecamatan Semanding dan tebing yang khas menjadikannya sebagai destinasi wajib saat berkunjung ke Tuban.
  4. Goa Ngerong, Taman Air Ngerong bukanlah wisata air yang biasa saja namun terdapat ribaun kelelawar di dalamnya. Untuk bisa masuk ke Taman Air Ngerong, pengunjung hanya akan ditarik biaya tiket masuk sekitar Rp 3000 per orang. Wisata yang terletak di Jalan Raya Rengel Tuban ini, sangat cocok dikunjungi bersama keluarga untuk mengisi waktu liburan
  5. Masjid Agung Tuban, Masjid ini memiliki desain bangunan yang hamper mirip dengan masjid di Irak, maka tak heran masjid ini banyak dikunjungi wisatawan.
  6. Makam Sunan Bonang, kota Tuban merupakan kota yang terkenal dengan wisata ziarahnya salah satu wisata sejarah yang paling terkenal di Tuban adalah Makam Sunan Bonang. Tak perlu membayar tiket masuk membuat Makam Sunan Bonang terus dikunjungi banyak wisatawan.
  7. Klenteng Kwan Sing Bio, uniknya klenteng ini diklaim sebagai satu satunya tempat beribadah umat konghucu yang paling tua di Indonesia.
  8. Air terjun banyu langse, aliran air ini jernih diantara bebatuan alami dan hujaunya pepohonan memnag terasa begitu menyejukkan. Di wisata ini terdapat minuman khas yang terkenal yakni legen yang merupakan minuman dari pohon siwalan yang rasa manisnya berbeda. Wisata ini berada di Desa Boto Kecamatan Semanding.
  9. Pantai Kelapa, pantai yang lebih dikenal dengan nama Pantai Panyuran ini dikelilingi pohon kelapa sebagai ikon utamanya yang membuat penamaannya beralih menjadi Pantai Kelapa. Wisata ini terletak di Jalan Daendels, Desa Panyuran.
  10. Pantai Sowan, kalian dapat dimanjakan dengan hamparan pasir dan juga batuan karang yang begitu unik yang bahkan tak jauh dari lokasi pantai ada hutan hijau seluas 32 hektare yang ditumbuhi dengan banyak tanaman tropis serta menjadikan pantai bernuansa sejuk. Wisata ini berada di Bogoran, Bogorejo Kecamatan Bancar.
  11. Pantai Boom, di tempat ini kalian bisa melakukan aktivitas yang menyenangkan seperti bermain pasir, berkeliling pantai menggunakan perahu, hunting spot foto hingga melakukan wisata kuliner.
  12. Mangrove Center Tuban, wisata ini memiliki beberapa fasilitas mulai dari camping ground, taman baca, laboratorium alam, dan masih banyak lagi. Untuk memasuki wisata ini hanya perlu membayar biaya restribusi sekitar Rp2.000 an saja.
  13. Pantai Remen, pantai ini resmi dibuka di tahun 2015 dan memiliki pasir putih serta garis pantai yang cukup panjang. Pantai Remen ini berada di Desa enen, Kecamatan Jenu. Tak sedikit yang datang untuk mencari lokasi foto kekinian atau background pemandangan alam yang indah. Terutama ketika sunset atau matahari tenggelam.
  14. Air Terjun Bongok, ada yang unik dari wisata alam Air Terjun Bongok ini, yakni lokasinya yang merupakan lembah di tengah kawasan hutan jati. Letaknya yang lumayan jauh dari kota membuat wisata Air Terjun Bongok ini masih terjaga kealamiannya. Tak sampai disitu, destinasi wisata alam ini semakin memesona berkat adanya satwa yang bertempat tinggal di sekitar area air terjun. Wisata ini terletak di Jetak, Kecamatan Montong, Kebonagung, Kabupaten Tuban.
  15. Air terjun Sanggrahan, terdapat air terjun berundak yang juga eksotis dan membuat momen liburan makin tak terlupakan. Lokasi air terjun ini berada di Dusun Nganget, Desa Kedungjambe, Kecamatan Sanggrahan. Lokasinya cukup mudah dijangkau dan jangan lupa membawa bekal untuk perjalanan menuju lokasi.
  16. Danau Njowo Samben, Danau Njowo merupakan bekas galian tambang batu kapur yang menyimpan pesona alam indah. Pada kawasan green lake milik Tuban ini Anda akan dimanjakan dengan suasana alam yang membuat pemandangan makin sejuk. Tempatnya berada di Desa Samben, Kecamatan Plumpang, Kabupaten Tuban
  17. Air terjun Wukirharjo, Wisata alam yang terletak di Dusun Wukirharjo, Tuban ini memiliki pesona alam yang mengundang decak kagum. Untuk menuju ke lokasi Air Terjun Wukirharjo ini, Anda harus melewati medan perjalanan yang cukup terjal. Meski demikian, rasa lelah Anda akan terbayarkan begitu sampai lokasi. Bagaimana tidak, hamparan tumbuhan hijau berpadu derasnya air yang asri.
  18. Air terjun Nglirip, kolam airnya memiliki nuansa hijau tosca yang berpadu dengan pepohonan yang asri. Juga dengan gemericik air terjun yang bisa memberi ketenangan tersendiri. Lokasi air terjun ngirip berada di Jojogan, Desa Mulyo Agung Kecamatan Sanggrahan.
  19. Sendang Asmoro, Sendang Asmoro juga memiliki nuansa alami yang kental bisa memanjakan anda dengan segala keindahan yang diberikannya. Sementara taman dengan kolam air yang bersumber dari mata air alami ini juga dirasa cocok untuk rekreasi keluarga.
  20. Wana wisata prataan, Wisata alam ini merupakan pemandian air panas yang bisa memanjakan mata dengan keindahan alaminya. Kolam air panas yang ada di lokasi berasal dari sumber mata air alami yang mengandung belerang dan dipercaya bisa memberi efek yang menyehatkan. Wana Wisata Prataan ini juga memiliki kolam air dingin dilengkapi dengan terapi ikan yang bisa membuat liburan makin seru. Lokasinya berada di Wukiharjo, Kecamatan Perengan Kabupaten Tuban. (mel)