Terpilih Secara Aklamasi, Gus Muis Pimpin PC GP Ansor Tuban

kabartuban.com – Rangkaian Konferensi Cabang (Konfercab) ke-20 Pengurus Cabang (PC) Gerakan Pemuda (GP) Ansor Tuban berakhir tadi malam. Puncak agenda musyawarah tertinggi tingkat cabang organisasi kepemudaan Nahdlatul Ulama (NU) ini ditandai dengan terpilihnya Abdul Muis  secara aklamasi sebagai Ketua PC GP Ansor masa khidmat 2024-2028, Rabu (19/06/2024).

Terpilihnya Ketua PC Majelis Dzikir dan Sholawat (MDS) Rijalul Ansor Tuban ini sudah diprediksi sebelumnya karena seluruh peserta konfercab dari pengurus anak cabang (PAC) dan ranting telah satu suara memilih Gus Muis, sapaan akrab Abdul Muis, untuk melanjutkan estafet kepemimpinan Ahmad Ja’far Ali yang telah resmi mengakhiri masa khidmatnya.

Meskipun demikian, konfercab yang berlangsung di Ma’had Bahrul Huda itu berjalan sesuai dengan aturan organisasi. Ketua Pengurus Pusat (PP) GP Ansor, M. Hasan Bisri, sebelumnya telah membuka acara secara resmi. Dalam sambutannya, Bisri mengapresiasi pelaksanaan konfercab yang berlangsung dengan riang gembira. Terlebih lagi, agenda pemilihan ketua dilakukan secara aklamasi yang diawali dengan musyawarah. Hal ini menghindari adanya persaingan atau persinggungan dalam proses pemilihan. Dia menegaskan bahwa pemilihan secara aklamasi atau melalui musyawarah harus menjadi tradisi.

“Jika di NU ada ahwa (ahlul halli wal aqdi) yang bertugas untuk bermusyawarah dalam menentukan pengganti pemimpin selanjutnya, maka di Ansor juga harus demikian. Ketika memilih pemimpin yang baru cukup melalui proses musyawarah. Kalau ada calon lain, semua calon itu baik, tapi kami berharap tetap melalui proses musyawarah. Tidak perlu voting-votingan,” tegasnya memberikan pesan kepada seluruh kader Ansor dari tingkat cabang hingga ranting.

Apresiasi terhadap pelaksanaan konfercab yang riang gembira juga disampaikan oleh Ketua PC GP Ansor masa khidmat 2020-2024, Ahmad Ja’far Ali. Ditegaskan oleh Gus Afa, sapaan akrabnya, bahwa Ansor adalah kaderisasi gerakan pemuda NU untuk melanjutkan perjuangan para ulama. Karena itu, penting menjalankan roda organisasi dengan penuh keikhlasan.

“Kami, mewakili pengurus (periode 2020-2024) dan panitia, menyampaikan terima kasih karena konfercab berjalan lancar, aman, dan riang gembira,” ujarnya.

Dia menambahkan bahwa menjalankan konfercab dengan riang gembira dan diakhiri dengan proses pemilihan ketua secara aklamasi adalah bagian dari keikhlasan dalam menjalankan roda organisasi. Meskipun telah banyak program kaderisasi yang dijalankan selama memimpin, masih banyak pula yang belum optimal. Karena itu, dia berharap pengurus yang baru nanti dapat melanjutkan program-program yang belum berjalan optimal.

“Ansor adalah kawah candradimuka kaderisasi untuk melanjutkan perjuangan NU. Untuk itu, Ansor harus terus maju dan berkembang seiring perkembangan zaman,” pungkasnya. (zam/zum)

Populer Minggu Ini

Paslon RAFI Adakan Konsolidasi dengan Para Pendukungnya

kabartuban.com - Pasangan calon Bupati dan Wakil Bupati Tuban,...

Seorang Nelayan Tuban Hilang di Laut Saat Akan Pasang Lampu Rumpun

kabartuban.com – Jalil (60), seorang nelayan asal Bulu Jowo,...

Formasi Satpol PP Jatim Kosong: Belum Ada Pendaftar, BKD Tunggu Keputusan Pusat

kabartuban.com – Badan Kepegawaian Daerah (BKD) Jawa Timur menginformasikan...

Risma Mundur dari Jabatannya, Muhadjir Effendy Jadi Plt. Menteri Sosial

kabartuban.com – Presiden Republik Indonesia, Joko Widodo menanggapi pengunduran...

Prakiraan Cuaca Tuban, Sabtu 7 September 2024

kabartuban.com -- Berdasarkan Prakiraan Cuaca yang dirilis oleh Badan...
spot_img

Artikel Terkait