Tingkatkan Minat Baca, Pemkab Tuban Akan Bangun Kantor di Setiap Kecamatan

545

kabartuban.com ­- Guna meningkatkan minat baca masyarakat, Pemerintah Kabupaten Tuban terus berupaya untuk memperluas fasilitas baca dan pelayanan perpustakan umum di beberapa kecamatan di Kabupaten Tuban.

“Pemkab berencana untuk membangun kantor atau tempat baca di seluruh Kecamatan yang ada di Kabupaten Tuban,” terang Plt Kepala Perpustakan Daerah Kabupaten Tuban, Budi Irwanto kepada kabartuabn.com Rabu (12/10/2016).

Masih terang Budi, Pemerintah Kabupaten Tuban pada tahun 2017 mendatang akan membangun tiga kantor perpustakaan di Kecamatan, yang mana anggarannya sudah dialokasikan dalam Anggaran Pendapan dan Belanja Daerah (APBD) 2017 mendatang.

“Didirikannya kantor pelayanan baca itu untuk memberikan pemahaman bahwa membaca itu sangat penting untuk kemjuan suatu daerah, serta memberikan wawasan luas kepada masyarakat,” paprnya.

Dikatakan oleh Budi, dalam rencana tersebut sudah ada tiga kecamatan yang menjadi prioritas, yakni kecamatan Palang, Bancar, dan Widang. Karena dalam hal ini ketiga kecamtan tersebut sudah mempunyai gedung dan lahan kosong untuk dialih fungsikan.

“Harapnnya, sampai tahun 2021 nanti semua kecamatan mempunyai kantor perpustakaan, dan samapi hari ini sudah ada 6 Kecamatan yang sudah memiliki perpustakaan,” katanya.

Selain itu, lanjut Budi, pihaknya juga akan menambah fasilitas dengan menambah ragam buku agar minat baca masyarakat tinggi. (har)

/