Tingkatkan Partisipasi, Panitia Pilkades Jemput Pemilih

649
Kabartuban.com-Guna mensukseskan dan meningkatkan partisipasi dalam Pemilihan Kepala Desa (Pilkades) serentak, atas kesepakatan bersama, panitia Pilkades menjemput warga yang memiliki hak suara dengan kendaraan puck up untuk menuju Tempat Pemungutan Suara (TPS).
Seperti di Desa Jarorejo, Kecamatan Kerek, warga yang terdaftar sebagai pemilih di datangi panitia ke rumah dan dijemput agar ikut memberikan hak suaranya pada calon kepala desa (Cakades) pilihan mereka.
“Penjemputan itu sudah disampaikan ke warga sebelunya, jadi mereka sudah siap, terutama yang lokasinya jauh dari TPS,” kata Suratman panitia Pilkades desa setempat.
Lebih lanjut diterangkan, Suratman, penjemputan warga yang terdaftar sebagai pemilih itu dilakukan panitia, untuk memaksimalkan partisipasi pemilih di Desa Jarorejo yang daftarnya mencapai 3.923 pemilih.
“Tujuanya tentu saja memaksimalkan parisipasi pemilih agar memberikan hak pilihnya sesuai yang jadi pilihannya,” terang Suratman.
Pihak panitia menyediakan  dua kendaraan untuk keliling kampung, guna mengengkut warga.
“Jemputan diutamakan untuk lansia yang rumahnya Jauh,” imbuh panitia penyelegara Suratman.
Sementara itu, Tarsimin, warga Dusu Simbatan, Desa Jarorejo mengatakan, panitia sudah mulai pagi menjemput warga menuju ke TPS.
“Rumah saya jauh di Dusun Simbatan, di jemput mobil ini sudah nyoblos saya,” kata kakek 82 tahun ini sambil menujukan jarinya yang sudah bertinta biru.
Tidak hanya Tarsimin,  banyak warga, terutama Dusun Simbatan yang dijemput panitia, hal itu dikarenakan dusun itu berjarak sekitar satu kilo meter dari TPS.
“Kurang lebih satu kilo meter, ya jauh mas apalagi untuk orang tua, naik kendaraan sendiri tidak bisa,” kata Tarsiman menggunakan bahasa Jawa. (Lk)
/