Vaksin Booster Jadi Syarat Mudik, Kadinkes Tuban: Capaian Vaksin Booster Belum Capai Target

9
Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tuban, Bambang Priyo Utomo.

kabartuban.com – Pandemi Covid-19 berangsur melandai. Tren pada kasus penambahan positif harian dan meninggal dunia juga terus menurun. Bersamaan dengan pandemi yang melandai, pemerintah juga telah melonggarkan berbagai pembatasan yang sebelumnya berlaku untuk mencegah penularan Covid-19.

Pemerintah sendiri juga berencana untuk menjadikan vaksin Covid-19 dosis lanjutan atau booster sebagai syarat perjalanan mudik pada libur Hari Raya Idulfitri 1443 Hijriah atau 2022 masehi.

Hal ini juga disampaikan langsung oleh Wakil Presiden Ma’ruf Amin yang menilai vaksin booster mampu menjadi parameter prasyarat baru seiring dengan pemerintah yang mulai meniadakan hasil pemeriksaan Covid-19 sebagai syarat perjalanan domestik sejak 8 Maret lalu.

Ia juga mengingatkan untuk warga segera mengakses vaksinasi lengkap primer atau dua dosis, hal ini merupakan wujud untuk memperkuat kekebalan komunitas alis herd immunity dengan cara menciptakan antibody yang tinggi terhadap Covid-19 di tengah masyarakat.

Bambang Priyo Utomo, Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Kabupaten Tuban tersebut mengatakan bahwa capaian vaksinasi booster yang berada di Kabupaten Tuban tersebut masih belum mencapai target alias masih kurang, sebab hanya berada di angka 5,56%.

“Capaian booster di Tuban baru 5,56%, masih belum mencapai target.” jelasnya dalam wawancara singkat melaui WhatsApp, Senin (28/03/2022).

Ia mengungkapkan sangat setuju adanya kebijakan pemerintah untuk menjadikan patokan vaksinasi sebagai syarat mudik, sebab dengan cara itulah masyarakat bisa sadar bahwa jika akan memiliki kekebalan tubuh yang baik maka harus mendapatkan vaksinasi yang lengkap.

Namun menurutnya, masyarakat Kabupaten Tuban belum terlalu antusias, “Sementara belum berpengaruh ke masyarakat, mungkin info belum jadi dan aturan belum pasti baru wacana,” terangnya.

Sementara itu Nurjannah (20) mengaku sudah aman karena dapat mudik bersama keluarga tanpa takut untuk di stop di perjalanan akibat tak memenuhi syarat vaksin booster.

“Saya sudah aman bersama keluarga, sebab dari awal ada vaksinasi selalu bersemangat bersama keluarga. Dan alhamdulilah manfaat pun terasa banyak, mulai dari kekebalan tubuh dan dipermudah segalanya juga,” tuturnya. (hin/dil)

/