Antusiasme Warga Tuban Sambut Gelar Pangan Murah

7
Antusiasme masyarakat Tuban antre di Pasar Murah (Foto:hin)

kabartuban.com – Masyarakat sangat antusias pada pelaksanaan Gelar Pangan Murah Berkualitas yang diselenggarakan oleh Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan (DPKP) Kabupaten Tuban Kabupaten Tuban yang bekerjasama dengan Dinas Pertanian dan Ketahanan Pangan Provinsi Jawa Timur, Selasa (15/03/2022).

Dalam pelaksanaan pasar murah ini, Pemkab Tuban dan Provinsi Jawa Timur menggandeng Perusahaan Rajawali Nasional Indonesia  (RNI), dengan menyediakan minyak goreng sebanyak 3000 liter.

Adapun yang dijual pada pasar murah tersebut diantaranya adalah minyak goreng, bawang putih, bawang merah, cabai keriting, krimer tinggi/serat, cabe merah besar, beras, gula pasir, dan telur ayam.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, untuk mengantisipasi masyarakat agar tak membeli barang-barang yang dijual sebanyak 2x maka seperti pemilu, setiap orang harus mencelupkan jarinya guna mengetahui bahwa tidak ada pembelian dua kali.

bak pemilu, setiap masyarakat harus mencelupkan jarinya sebagai tanda agar menghindari pembelian dua kali.

Antusiasme masyarakat terlihat sangat luar biasa terhadap pasar murah yang diselenggarakan oleh Pemkab Tuban khususnya DPKP Kabupaten Tuban dan DPKP Provinsi Jawa Timur, bagaimana tidak antrean yang ada sangat banyak.

Tak hanya itu, kegiatan tersebut disambut baik oleh masyarakat sekitar. Salah satunya ibu rumah tangga satu ini, Ustami warga desa Latsari mengatakan bahwa berharap agar pasar murah ini jika bisa diselenggarakan tiap bulan, karena kegiatan ini dinilai sangat membantu masyarakat.

“Mulai dari harganya sendiri jauh lebih murah dari pasaran, saya senang kalau bisa satu bulan sekali,” jelasnya.

Lanjut Ustami, dirinya juga berharap agar pemerintah khususnya Pemerintah Kabupaten Tuban lebih memperhatikan sembako untuk masyarakat terutama kebutuhan bahan pokok seperti minyak goreng yang belakang ini terjadi kelangkaan.

“Besok bulan depan kan kita sudah memasuki bulan puasa, gula dan minyak jangan sampai meroket karena ibu-ibu seperti kita akan menangis kalau itu meroket,” harapnya.

Senada dengan yang disampaikan Ustami, Darmono (47) warga Kelurahan Puri, Tuban ini juga mengungkapkan rasa syukurnya karena adanya kegiatan Gelar Pangan Murah ini.

“Kita sedang dalam masa pandemi Covid-19, apalagi minyak goreng juga mahal. Dengan diselenggarakannya pasar murah ini sedikit banyak meringankan biaya belanja yang dikeluarkan,” ucapnya.

Adapun sembako yang ada pada Gelar Pangan Murah tersebut adalah

  1. Bawang putih kating Rp24.000/kg

2.Bawang merah Rp25.000/kg

  1. Minyak goreng kemasan Rp13.500/liter

4.Telur ayam Rp22.000/kg

  1. Gula pasir Rp12.500/kg

6.Krimer tinggi serat Rp10.000/100gram

7.Cabe keriting Rp7.500,-/250g

  1. Cabe merah besar Rp10.000,-/250 g
  2. Cabe rawit Rp10.000,-
  3. Beras TTI (Medium) Rp88.000/10kg
  4. Beras TTI (Medium) Rp44.000/5kg (hin/dil)
/