Dikelilingi Pohon Sagu, Wisata Pelang Cocok Untuk Melepas Penat

1328
Bersama keluarga, para wisatawan saat memberi makan ikan yang beradi sungai Pelang, Dusun Dukuh Merakurak Tuban.

kabartuban.com – Tak jauh dari pusat pemerintah Kecamatan, wisata alam sungai yang dikekelilingi pohon sagu berada di Dukuh Pelang, Kecamatan Merakurak Kabupaten Tuban, menyedot perhatian banyak pengunjung.

Panorama yang masih alami, air sungai yang jernih, pohon-pohon yang tampak asri, sangat nyaman untuk melepas penat, setelah seharian bekerja, Minggu, (10/2/2019).

Diceritakan, Wisata Pelang bermula dari kunjungan dari Mahasiswa yang melakukan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang berniat memberisihkan sungai, yang menjadi motivasi tersendiri bagi masyarakat sekitar sungai untuk ikut andil dalam menjaga sungai tersebut agar tetap bersih.

“Dulu ada mahasiswa kesini ngajak bersih-bersih sungai, setelah mahasiswa balik ke kampus, kok sungainya kotor lagi. Orang lain saja ada kesadaran, kok yang kita tidak, jadi malu, akhirnya kita gotong royong membersihkan sungai,” kata Sakir Humas dari Wisata Pelang.

Kesadaran warga mulai timbul, setelah akhir-akhir ini banyak bermunculan wisata alami yang dikelola warga dan Desa. Mereka menyadari bahwa lokasi tesebut memiliki potensi wisata yang sangat menjajikan dan belum ada di tempat lain.

Oleh karena itu, sungai yang semula tampak kotor, selain sebagai tempat mandi warga, dengan bergotong royong membersihkan sungai dan berinisiatif menyulap menjadikan sungai tempat wisata andalan.

Wisata alam yang tergolong masih asri tersebut sangat unik, disamping terdapat pohon sagu yang mengelilingi sungai, terdapat juga berbagai fasilitas yang dibuat dengan hasil dari gotong royong masyarakat.

“Dapat uang dari kotak dikumpulin terus warga bikin perahu, untuk saat ini ada tiketnya untuk naik perahu dua ribu, jembatannya ini juga pohon pinang, yang penting safety,” jelasnya.

Sakir juga menjelaskan, Wisata yang berdiri pada bulan Agustus tahun 2018 tersebut juga secara tidak sadar membuat lapangan kerja untuk warga mencari nafkah dengan berjualan gorengan sagu di sekitar tempat wisata.

Ditempat yang sama, Tutik bersama keluarga memilih menghabiskan hari libur di Wisata Pelang, disamping suasana yang sejuk, wisata Pelang juga cocok untuk berbagai usia, mulai dari anak-anak hingga dewasa.

“Tau di facebook, udaranya sejuk, suasananya adem, asri dan tenang. Harapannya semoga lebih maju, lebih baik dan dikembangkan wahananya ada flying fox,” kata Tutik.

Untuk diketahui, tarif wisata Pelang sendiri tegolong murah, hanya membayar pakir sekitar 2000, pengunjung dapat menikmati keindanhan Wisata Alam Pelang bersama teman atau keluarga untuk menghabiskan liburan. (Dil/Rul)

Apa Komentarmu?

SHARE