Gerilya Kelurahan Desa, Ansor Tuban Bagikan Menu Buka Puasa Setiap Hari

kabartuban.com – Pengurus Anak Cabang (PAC) Gerakan Pemuda Ansor Kecamatan Tuban setiap hari membagikan menu berbuka puasa ke seluruh Desa dan Kelurahan yang ada di Tuban. Kegiatan yang dilakukan dengan senyap ini sudah dimulai sejak awal bulan suci Ramadan 1441 H/2020 M tahun ini. Seluruh menu berbuka puasa diolah sendiri oleh tim kuliner Ansor Tuban di Balai Ansor Kota Tuban, yang berlokasi di Kelurahan Latsari, Kecamatan Tuban Kabupaten Tuban, Senin (11/05/2020).

“Kami sudah melakukan ini sejak awal bulan Ramadan, tanggal 1 Ramdan kami langsung start,” kata Tigor Juanidi, Ketua PAC Ansor Tuban (Kota) yang merupakan alumni Pondok Pesantren Darul ‘Ulum Jombang.

Menurutnya, tidak ada maksud melebihi sedekah pada kegiatan kali ini. Sebagai organisasi pemuda Islam, Ansor Tuban ingin bergerak bersama seluruh anggotanya untuk saling berbagi dan peduli. Pengadaan bahan  baku untuk makanan juga merupakan hasil sumbangsih sesama anggota dan diproses sendiri oleh tim kuliner Ansor Tuban di Balai Ansor Tuban yang menjadi pusat kegiatan selama ini.

“Kami berbagi saja, tidak ada maksud lebih dari itu. Oleh karenanya, kita tidak rame – rame (tidak banyak publikasi). Sejak awal kita masak sendiri, bahan baku dari sahabat – sahabat sendiri yang mau membantu, kemudian sore kita kirimkan ke Kelurahan atau Desa yang dituju. Untuk hari ini ke Kelurahan Baturetno,” ungkap Tigor.

Sementara itu, juru masak tim kuliner Ansor Tuban, Ansori mengatakan, dirinya cukup menikmati aktiftas memasak setiap hari di Balai Ansor. Baginya, bobot kegiatan ini sudah seperti mengaji waktu masih di Pondok Pesantren.

“Saya menikmati ini, bisa saling berbagi tentunya hal yang sangat nglegakno ati, yang punya uang beli bahan bawa ke sini terus saya masak dan dibagikan, yang punya waktu luang bisa membantu saya masak atau ikut membagikan, dalam gesekan positif ini tentu saja ada ilmu yang bisa diserap secara tersirat,” terang Ansori yang sejak awal menjadi motor utama kegiatan Ansor Tuban berbagi ini.

Kegiatan PAC Ansor Tuban (kota) ini bahkan tidak ada naman atau tema kegiatan. Tidak ada pula spanduk untuk difoto bertuliskan nama kegiatan dan organisasi mereka. Pihak Ansor Tuban mengatakan, semuanya dilakukan sebagai bagian dari kegiatan berbagi di bulan suci Ramadan, dan pembelajaran bersama untuk saling peduli. (im/dil)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close