Rumah Sakit Ini Sediakan Live Musik Tradisional Karawitan Untuk Hibur Pasiennya

kabartuban.com – Alunan suara musig karawitan terdengar merdu dari salah satu sudut Rumah Sakit Nahdlatul Ulama (RSNU) Kabupaten Tuban. Rupanya sejumlah karyawan rumah sakit ini tengah memainkan alat musik gamelan yang ditempatkan tidak jauh dari taman didalam rumah sakit.

Pertunjukan musik tradidional karawitan itu sengaja disuguhkan rumah sakit untuk memberikan hiburan bagi pasien dan penunggu atau keluarga pasien. Tujuanya agar pasien yang dalam perawatan maupun keluarga yang sakit tidak jenuh selama berada di rumah sakit.

Imran, salah satu keluarga pasien mengatakan, pertunjukan tersebut cukup menghibur, apalagi alunan musik karawitan dari gamelan yang cenderung kalem, dapat memberikan ketenangan tersendiri selama menunggu keluarga yang sedang sakit.

“Menunggu orang sakit itu sangat menjemukan, saya sendiri cukup terhibur dengan permainan musik seperti ini, apalagi permainan gamelan disini bagus, jarang ada rumah sakit sepertiini, mungkin satu satunya di Tuban,” kata Imran.

Dikonfirmasi terpisah, Direktur RSNU Tuban, Dr Didik Suharsoyo mengatakan, live musik yang ditempatkan di salah satu sudut rumah sakit di Jalan Letda Sucioto tersebut dimainkan sendiri oleh sejumlah Karyawan rumah sakit mulai dari penabuh alat musik hingga para sinden (vokal).

“Nilai nilai tradisional itu yang ingin kami tampilkan, dan yang nampak secara fisual salah satunya adalah gamelan, jadi kami menonjolkan musik tradisional ini sesuai dengan tag line RSNU, yakni tradisional Green Hospital, “ ungkap Dr Didik.

Dia menjelaskan, live musik karawitan di RSNU Tuban dimulai sejak 2019, dengan maksud memberikan hiburan, sekaligus turut melestarikan budaya tradidional musik karawitan.
Menurutnya, hiburan musik yang dihadirkan, cuku membuat pasien dan pengunjung lebih nyaman, selama berada di rumah sakit.

“Seluruh pemainya adalah karyawan RSNU, saya sendiri kadang ikut nabuh, dan ikut fokalnya, terkadang ada juga pasien dan keluarga pasien meminta lagu campur sari,” terang Didik.

Sementara itu salah satu pemain gamelan, Rizal mengaku, ide memberikan hiburan untuk pasien dan penunggu pasien dirumah sakit dengan musik gamelan cukup positif, terbukti, banyak pasien yang merasa nyaman dengan alunan musik gamelan, keluarga pasienpun tidak jarang meminta lagu tertentu untuk dimainkan disela sela menunggu keluarganya yang sedang dirawat.

“Tiap hari Senin sampe Jumat, hiburan musik tradisional ini digagas oleh direktur kami, bahwa musk tradisional itu mampu menenangkan pasien,” katanya. (Luk)

Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker