Terjadi Gempa Bumi, Stamet BMKG Tuban Minta Masyarakat Tak Gusar

1289
Desindra Deddy Kurniawan (Kepala Stasiun BMKG Kabupaten Tuban)

Kabartuban.com –  Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika melaporkan terjadinya gempa bumi dengan kekuatan 3,8 SR di 15 Km Timur laut Bojonegoro sekitarnya diguncang gempa bumi tektonik. Tepatnya di Kecamatan Grabagan dan Parengan Kabupaten Tuban.

Pusat gempa berada di darat, 15 km arah Timur Laut Bojonegoro pada koordinat 7.02 LS,111.93 BT kedalaman 9 km. Gempa tersebut termasuk guncangan rendah  tidak berpotensi tsunami.

Kepala Stasiun BMKG Kabupaten Tuban,  Desindra Deddy Kurniawan, mengatakan dari Hasil analisis BMKG menunjukkan gempa bumi yang terjadi berkekuatan M = 3.8 Skala Richter.

“Ditinjau dari lokasi episentrum dan kedalaman sumber gempa penyebab gempa ini diperkirakan terjadi akibat aktifitas Sesar Rembang” ujar Indra kepada kabartuban.com,  Kamis (19/10/2017).

Pihaknya juga menjelaskan titik Getaran gempa bumi diperkirakan dirasakan pada skala II SIG (Skala Intensitas gempa bumi) BMKG atau setara II – III MMI di Tuban, dan daerah disekitarnya yang berdekatan dengan lokasi sumber gempa bumi. Pada skala ini digambarkan getaran lemah dan dirasakan oleh beberapa orang.

“Berdasarkan informasi dari Stamet Tuban, getaran gempa bumi dirasakan (I SIG BMKG / II-III MMI) di Tuban”, kata Pria Kelahiran Jombang.

Pihaknya juga menghimbau  kepada masyarakat agar tetap tenang dan jangan mudah terpancing dengan isu yg menyesatkan. Selalu pantau informasi resmi yg disampaikan oleh BMKG.

“Masyarakat tidak usah khawatir,  dan tetap tenang, jangan mudah termakan informasi yang tidak benar, ” himbaunya.

Terkait dengan peristiwa gempa bumi yang baru saja terjadi tersebut , hingga saat ini  belum ada tercatat aktivitas gempa bumi susulan.  (Dur) 

/