13 SMP di Tuban Siap Ikuti UNBK 2017

1492
Aktifitas siswa-siswi SMPN 6 Tuban yang sudah siap mengikuti UNBK 2017

kabartuban.com – Terdapat 13 Sekolah Menengah Pertama (SMP) di Kabupaten Tuban, akan melaksanakan Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK) pada April 2017 ini. Jumlah tersebut merupakan sekolah yang sudah ditunjuk, setelah tahun sebelumnya hanya dua sekolah yang melaksanakan UNBK sebagai Pilot Projek pelaksanaan ujian berbasis komputer.

“Tahun ini sekolah yang mengikti UNBK sudah cukup banyak, tahun lalu hanya SMPN1 dan SMPN 3 Tuban sebagai pilot projeknya,” ujar Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Tuban, Drs.H.Sutrisno (03/02).

Untuk persiapan ini, Dinas Pendidikan juga telah melakukan rapat koordinasi dengan seluruh kepala sekolah yang akan melaksanakan ujian bebasis komputer. “Kami juga sudah berkoordinasi dengan sekolah peserta kaitanya dengan persiapan menghadapi Ujian Nasional itu,” terang Sutrisno.

Adapun sekolah yang direncanakan melaksanakan ujian berbasis komputer adalah SMP N 1, 5, 6, 3 dan 7 Tuban,  SMP N 1 Semanding, SMP N 1 Merakurak, SMP N 1 Jatirogo, SMP N 1 Plumpang, SMP N 1 Widang, SMP N 1 Rengel, SMP N 1 Soko dan SMPK Ronggolawe Tuban.

Terpisah, Kepala Sekolah SMPN 6 Tuban, Zaenal Maftuhien mengaku sudah siap melaksanakan ujian berbasis komputer tersebut, meskipun ada beberapa perlengkapan pendukung yang belum siap dan harus disiapkan oleh pihak sekolah, yakni komputer berikut servernya, karena disekolahnya jumlah komputer belum memadai dengan jumlah siswa yang akan mengikuti ujian nasional.

“Siswa kami yang akan mengikuti ujian sebanyak 284, sementara jumlah komputer tidak sebanyak itu, harapan kami Dinas Pendidikan juga memberikan fasilitas,”kata Zaenal.

Disampaikan, jika memang komputer dibantu oleh Dinas Pendidikan, maka dinas juga diharapkan melakukan pengadaan itu dengan cepat agar persiapan sekolah tidak terlalu mepet.

“Harapanya dinas bisa mempercepat pengadaan, karena waktu sudah mepet, dan dapat menfasilitasi kerjasama dengan sekolah SMA dan SMK yang memiliki perlengkapan memadai untuk UNBK,” harap Kepala Sekolah SMP N 6 ini. (Luk)

/