Aksi Balap Liar Hingga Blokir Jalan di Palang Tuban Akan Ditindak Tegas

69
Balap iar terjadi di tikungan Tundung musuh Palang, Tuban

kabartuban.com – Beredar sebuah video yang menampikan aksi balap liar hingga melakukan blokade jalan di tikungan Makam Tundung Mungsuh yang berada di Desa Tasikmadu, Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban, diketahui kejadian tersebut terjadi pada hari Sabtu, (25/06/2022).

Dilansir dari Instagram @info_tuban balap liar tersebut juga sempat mengancam keselamatan pengguna jalan, di mana dalam video yang telah direkam oleh dashcam tersebut, pengguna sempat dilempari batu oleh anak-anak muda yang melakukan aksi balap liar itu.

Salah satu pemilik warung yang berjualan di daerah tersebut mengatakan bahwa aksi ini dilakukan oleh anak-anak muda itu tidak hanya didominasi oleh laki-laki saja, namun terdapat perempuan yang turut ikut dan memeriahkan jalannya aksi balap liar.

“Pada saat itu langsung saya tutup warung karena kan takut juga ya, apalagi ada puluhan sepeda motor dan bahkan lebih, berjejer rapi mulai dari Tikungan Tundung Mungsuh sampai di SPBU Kradenan, Palang,” tutur Mia (50) saat di wawancarai di tempatnya.

Bahkan menurutnya aksi balap liar tersebut dilakukan setiap malam Minggu, ia sangat menyayangkan sebab jalanan tersebut masih dilintasi truk bahkan bus-bus sehingga akan membahayakan pengguna jalan lain. Tidak hanya itu, aksi tersebut seringkali dibubarkan oleh pihak kepolisian, namun beberapa jam setelahnya aksi balap liar digelar kembali.
“Kalau tidak salah ini sudah masuk minggu keempat dan biasanya dilakukan di area RingRoad, terus Jalan tembus, nggak tau kenapa malah sering disini malah buat takut juga,” ucapnya.

Menanggapi hal tersebut, Kanit Turjawali Satlantas Polres Tuban, Iptu Jamhari menegaskan bahwa untuk mencegah terjadinya aksi balap liar, ia beserta anggotanya akan lebih menekankan patrol di wilayah Tuban bagian Timur.
“Kami tidak berhenti untuk terus melakukan himbauan, tapi memang kita kecolongan lagi dalam aksi balap liar itu, apalagi sampai blokade jalan dan mengganggu pengguna kendaraan lagi. Ya nantinya akan kita tingkatkan patrol di wilayah Timur Pantura,” jelasnya melalui sambungan via telepon, Senin Pagi (27/06/2022).

Lanjut Iptu Jamhari, ia menegaskan akan menindak dengan tegas jika masih menemukan aksi balap liar dimana salah satunya dengan menyita sepeda motor yang digunakan untuk balap liar di Jalan Raya.
“Kita akan tindak tegas pelaku balap liar tersebut dan akan melakukan patroli lebih aktif lagi khususya di daerah sana dan jangan harap bagi pelaku balap liar motornya bisa keluar karena kami akan tindak tegas,” tandasnya. (hin/dil)

/