Angin Ribut Semalam, Belasan Pohon Tumbang

535

kabartuban.com – Sebanyak 13 pohon tumbang akibat hujan deras disertai angin kencang yang mengguyur hampir seluruh kota Tuban, Rabu (17/2/2016) malam. Sedikitnya ada 10 pohon yang dievakuasi langsung setelah kejadian, karena menutup jalan. Sedangkan 3 pohon yang lain baru dievakuasi tadi pagi karena tidak mengganggu arus lalu lintas.

Ajun Komisaris Polisi (AKP) Elis Suendayati, selaku Kasubbag Humas Polres Tuban menerangkan,  10 pohon yang dievakuasi diantaranya di Jl. Veteran sebanyak 2 pohon, Jl. Hos Cokro Aminoto sebanyak 2 pohon, di Kecamatan Semanding sebanyak 2 pohon, di Kecamatan Palang sebanyak 2 pohon, di Kecamatan Merakurak 2 pohon, dan di Kecamatan Rengel sebanyak 1 pohon.

“Pohon tumbang di Tuban sebanyak 13 pohon, yang dievakuasi hanya  ada 10, karena itu yang menutup jalan, sementara yang lainnya baru dievakuasi tadi pagi,” terang Elis kepada kabartuban.com, Kamis (18/2/2016).

Elis melanjutkan, ada 3 pohon yang baru dievakusi Kamis pagi, antara lain di Desa Sumurgung yang menimpa sekolah dan lumbung desa, dan dievakuasi  langsung oleh anggota lalulintas. Sementara  di Desa Tasikmadu, menimpa rumah warga dan langsung dievakuasi oleh Sabara dan Kapolsek. Terakhir di Desa Wangun dan langsung dievakusi oleh Kasat Sabara dan anggota lalulintas.

“Banyaknya kejadian tersebut tidak ada korban jiwa, hanya kerugian material yang terjadi di Desa Sumurgung dan Tasikmadu,” paparnya.

Masih terang Elis, evakuasi dimulai pukul 20.30 WIB sampai 23.30 WIB, pengalihan arus lalu lintas selama 1,5 jam, dan baru dibuka kembali oleh Kapolres pukul 22.00 WIB.

“Setelah mendapat laporan, Kapolres beserta jajarannya  langsung turun ke lapangan untuk mengevakuasi dan membersihkan pohon yang tumbang,” pungkasnya.

Terpisah, Joko Ludiono selaku Sekretaris Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) menyatakan, gumpalan awan hitam atau disebut dengan Awan Cumulonimbus merupakan salah satu penyebab terjadinya  awan pembawa hujan, dan fenomena sebelum hujan yang diikuti oleh angin yang disertai petir.

“Sebelumnya kita sudah update di media sosial sekitar pukul 17.00 WIB, satu jam sesudahnya langsung hujan deras dan angin,” terangnya.

Joko menambahkan, pohon tumbang terjadi di Kecamatan Semanding, Plumpang, Rengel, Widang, Jenu dan di Tuban Kota. Dia menghimbau, agar masyarakat hati-hati terhadap bencana, banjir, maupun puting beliung, mengingat belakangan ini curah hujan tinggi. (har/riz)

/